Jelang Pilkada Banjar, Jaringan Demokrasi Indonesia Rapatkan Barisan

JABAR EKSPRES – Sejumlah anak-anak muda yang tergabung dalam Jaringan Demokrasi Indonesia (JaDI) berembug merancang masa depan pembangunan demokrasi di Kota Banjar.

Jaringan Demokrasi Indonesia adalah sebuah Non Govermental Organization (NGO) yang bergerak dalam pembangunan demokrasi, politik dan kepemiluan yang pembentukanya di tingkat Kota Banjar digagas oleh para mantan KPU Kota Banjar periode 2018-2023.

Dani Danial M yang tiada lain adalah mantan Ketua KPU Kota Banjar 2 periode inilah yang pada akhirnya memegang kendali sebagai Ketua atau Koordinator Presidium JaDI Kota Banjar.

“JaDI Kota Banjar diharapkan dapat menjadi lokomotif pembangunan demokrasi di Kota Banjar ke arah yang lebih baik lagi, bahkan lebih dari itu JaDI juga diharapkan dapat menjadi arus baru yang merepresentasikan gerakan kaum muda dalam pembangunan Kota Banjar ke depanya,” kata Danial, Minggu 25 Februari 2024.

Menurut dia, diskusi yang digagas oleh JaDI ini telah  berlangsung kurang lebih 5 kali, dilakukan secara sirkulir dari kecamatan satu ke kecamatan lainya yang ada di kota banjar.

“Mengingat relawan JaDI tersebar di semua kecamatan, desa kelurahan dan bahkan saat ini JaDI telah memiliki jejaring relawan sampai ke tingkat wilayah lingkungan (RT dan RW) Se-Kota Banjar,” katanya.

Danial menjrlaskan, struktur JaDI terdiri dari Dewan Penasehat yang di dalamnya para mantan KPU dari generasi ke 1 sampai ke generai ke tiga. Dewan Pembina, Presidium Kota terdiri dari para mantan Anggota KPU generasi ke empat (periode 2018-2023), Korcam, Kordes dan Kader Demokrasi tingkat lingkungan/Wilayah (RT/RW).

“Kendati pun belum dilaunching secara formal, tetapi JaDI telah merumuskan beberapa langkah yang tengah dirancang ke depan, dimana JaDI Kota Banjar akan bergerak ke akar rumput untuk melakukan konsolidasi jejaring dan gagasan,” ujarnya. (CEP)

Writer: Cecep Herdi

Tinggalkan Balasan