Quick Count LSN: Suara PDI Perjuangan Merosot, Tapi Berhasil Buat Hattrick

JABAREKSPRES – Lembaga Survei Nasional (LSN) merilis hasil hitung cepat (quick count) Pemilihan Umum (Pilpres) 2024 di seluruh wilayah Republik Indonesia. Hasilnya, PDI Perjuangan atau biasa disingkat dengan PDI-P mengalami penurunan perolehan suara dibandinkan Pemilu 2019 dan 2014.

Namun PDI Perjuangan tetap berhasil mempertahankan diri sebagai juara atau pemenang sekaligus menciptakan hattrick (tiga kali menang beruntun).

Quick count LSN dilaksanakan di seluruh wilayah Indonesia dengan melibatkan 2000 TPS sebagai sampel yang tersebar di 38 provinsi. Populasi dari quick count LSN ini adalah seluruh TPS baik yang ada di dalam mauupun luar negeri yang berjumlah sekitar 823 ribu.

Penentuan jumlah sampel di setiap provinsi dilakukan berdasarkan azas proporsionalitas, dimana provinsi dengan jumlah TPS besar seperti Jawa Barat, Jawa Timur dan Jawa Tengah dengan sendirinya akan memperoleh sampel yang besar. Margin of error yang ditetapkan dalam quick count ini sebesar 1%.

Berdasarkan hasil quick count LSN yang ditutup pada pukul 04.46 WIB pada Kamis 15 Februari 2024, PDI Perjuangan berhasil meraih 16,82% suara. Dibandingkan dengan Pemilu 2019 suara PDI-P mengalami kemerosotan sekitar 3%. Banyaknya tokoh partai tersebut yang bermigrasi ke partai lain serta sikap oposisi yang mereka lakukan terhadap Presiden Jokowi merupakan faktor utama yang menyebabkan kemerosotan suara PDI Perjuangan.

Meskipun mengalami kemerosotan perolehan suara, PDI Perjuangan masih bisa berbangga diri mengingat partai tersebut berhasil membuat hattrick kemenangan. Ini adalah untuk kali pertama di era reformasi sebuah partai politik bisa menciptakan hattrick kemenangan.

Sementara itu Partai Gerindra yang diduga oleh banyak pengamat bakal memperoleh efek ekor jas (cottail effect) dari kemenangan Prabowo Subianto di Pilpres 2024 ternyata tidak terbukti.

Kendati berhasil mengalami kenaikan suara dibandingkan Pemilu 2019, namun peringkat Partai Gerindra di posisi kedua kelihatannya bisa digusur oleh Partai Golkar. Tetapi karena berdasarkan quick count LSN selisih perolehan suara Partai Gerindra dan Partai Golkar sangat tipis, segala kemungkinan masih bisa terjadi.

Dalam quick count kali ini LSN melibatkan sekitar 1000 relawan yang ditempatkan di sekitar 2000 TPS. Dengan demikian setiap relawan bertugas melaporkan hasil Pemilu di dua TPS. Hingga berita ini diturunkan, data masuk dari seluruh total sampel telah mencapai 98,25%.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan