Viral Video Surat Suara Sudah Tercoblos di TPS 44 Bojongkunci Kabupaten Bandung

JABAR EKSPRES – Sebuah video beredar memperlihatkan surat suara Calon Presiden dan Wakil Presiden pada pemilu 2024 sudah tercoblos.

Dalam video tersebut, salah satu perekam memperlihatkan surat suara Capres dan Cawapres nomor urut 2 sudah tercoblos.

Perekam juga menyebutkan jika surat suara sudah tercoblos langsung ketika akan digunakan. Adapun dugaan lokasi sendiri berada di Tempat Pemungutan Suara (TPS) 44 Bojongkunci, Kecamatan Pameungpeuk, Kabupaten Bandung.

BACA JUGA: Keren! Lapas Narkotika Kelas IIA Baleendah Adakan Pencoblosan dengan Konsep Pakaian Adat Nusantara

“Surat suara sudah tercoblos yah, posisi di nomor 2, kumaha ieu (Bagaimana ini) posisi berada di TPS 44 Bojongkunci sudah tercoblos capres nomor urut 2,” ujar perekam dalam video tersebut.

Menanggapi video tersebut, Kepala Sub Bagian (Kasubag) Keuangan, Umum dan Logistik Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bandung, Dheny Irawan mengatakan terkait hal itu, pihaknya belum menerima adanya laporan.

“Belum ada laporan,” ujar Dheny saat dikonfirmasi, Rabu (14/2/2024).

Dheny menjelaskan, pihaknya belum bisa memastikan kebenaran terkait video tersebut. Menurutnya bisa saja video itu merupakan kertas yang sudah dicoblos atau rusak kemudian divideokan.

BACA JUGA: Nyoblos di Bogor, Prabowo Subianto: Hujan Membawa Berkah

“Kalau ada video itu, bisa jadi itu yang rusak atau yang sudah dicoblos itu di videokan,” jelasnya.

Namun, meski belum bisa memastikan, pihaknya menyebut jika memang benar surat suara tersebut sudah dicoblos, nantinya akan dimasukkan dalam kategori surat suara yang rusak.

“Itu bisa juga dimasukan ke kategori surat suara rusak, seperti bolong, sobek, atau tidak jelas cetakan. Nanti akan diganti ke KPPS setiap TPS itu kan sudah di lebihkan 2 persen,” pungkasnya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan