Meriahkan Tahun Baru China dengan 10 Lagu Imlek yang Penuh Kebahagiaan

JABAR EKSPRES – Perayaan Tahun Baru China atau Imlek identik dengan keceriaan. Selain menghiasi rumah dengan warna merah, lagu Imlek juga turut menyemarakkan perayaan tersebut. Imlek berdasarkan kalender Lunar kali ini adalah tahun Naga Kayu. Artinya, ada kombinasi antara Shio Naga dan unsur kayu dalam astrologi Tionghoa.**

Tahun Naga Kayu memiliki elemen yang menutrisi, membawa evolusi, perbaikan, dan kelimpahan. Tahun ini juga menjadikan waktu yang tepat untuk kesuksesan jangka panjang. Untuk memeriahkan Imlek tahun ini, berikut daftar lagu yang bisa kamu dengarkan di rumah bersama keluarga besar.**

1. Joyful Years

Lagu Joyful Years dinyanyikan oleh Adam Cheng dan Liza Wang. Lagu yang beredar sejak 1977 tersebut masih eksis di perayaan Imlek hingga sekarang. Nuansa riang pada lagu tersebut merupakan ucapan Selamat Tahun Baru. Mendengarkan suara merdu Liza Wang dan Adam Cheng akan membuat Imlekmu makin meriah.

2. Gong Xi Gong Xi

Gong Xi Gong Xi merupakan lagu Imlek yang paling populer. Lagu yang ditulis oleh Chen Gexin tahun 1945 atau 1946 tersebut telah diperbarui selama beberapa dekade. Lagu tersebut diduga populer sekitar awal acara spesial Gala yang disiarkan di televisi tahun 80-an. Lirik dalam lagu Gong Xi Gong Xi dinilai optimis dan penuh harapan sehingga sesuai dengan perayaan Imlek.

3. Cai Shen Dao

Cai Shen Dao termasuk salah satu lagu perayaan Tahun Baru China yang populer. Lagu ini berkisah tentang permohonan keberuntungan. Salah satu liriknya bertuliskan “dewa keberuntungan ada di sini, dewa keberuntungan ada di sini, dewa keberuntungan tiba di pintu rumahku.” Lirik tersebut sejalan dengan harapan dalam perayaan Imlek.

4. Huan Le Zhong Guo Nian

Lagu Huan Le Zhong Guo Nian biasa digunakan sebagai lagu klasik festival. Dinyanyikan oleh Sun Yue, lagu ini juga sering diputar saat perayaan Imlek. Liriknya penuh harapan untuk tahun yang bahagia bagi semua orang. Untuk itu, lagu ini bisa kamu putarkan saat merayakan tahun baru dengan keluarga.

5. Kung Hei Fat Choi

Lagu yang dinyanyikan oleh Andy Lau ini membuat suasana semakin meriah karena iramanya yang ramai. Lirik lagu tersebut juga mengungkapkan kedamaian dunia dan hal buruk tidak terjadi di masa depan sehingga orang-orang dapat merayakan tahun baru dengan sukacita. Meskipun Kung Hei Fat Choi merupakan frasa Kanton dan bukan berarti ‘Selamat Tahun Baru’ tetapi banyak orang menggunakannya ketika Imlek.

Tinggalkan Balasan