7 Pernak-Pernik Imlek yang Melambangkan Harapan Baik!

JABAR EKSPRES – Merayaan tahun baru Imlek, tidak sedikit yang menghias rumah dengan pernak-pernik khas yang mencirikan tradisi imlek. Pernak-pernik khas Imlek ini tidak hanya memperindah dekorasi rumah, tetapi juga memiliki makna simbolis yang dalam dalam budaya Tionghoa, membawa harapan dan keberuntungan untuk tahun yang baru kepada keluarga yang merayakannya. 

Pernak-Pernik Imlek

Berikut adalah beberapa pernak-pernik khas Imlek yang biasanya dipajang selama perayaan Imlek, beserta makna simbolisnya:

  • Lampion Merah

Lampion merah merupakan simbol keberuntungan dan kebahagiaan dalam tradisi Tionghoa. Lampion-lampion ini dipercaya dapat membawa cahaya dan kehangatan, serta membantu mengusir roh jahat. 

BACA JUGA: 6 Hidangan Khas yang ada Saat Perayaan Imlek

  • Angpao (Amplop Merah)

Angpao merupakan amplop merah yang di isi dengan uang yang nantinya diberikan sebagai hadiah pada anggota keluarga muda atau yang belum menikah selama perayaan Imlek. Angpao sendiri dilambangkan sebagai kemakmuran, keberuntungan, dan harapan untuk tahun yang baru. 

  • Jeruk Mandarin

Jeruk Mandarin merupakan simbol kekayaan dan keberuntungan dalam budaya Tionghoa. Bentuknya yang bundar dan warnanya yang cerah melambangkan kesuksesan dan kemakmuran.

  • Lukisan Naga dan Singa

Lukisan naga dan singa merupakan pernak-pernik yang menjadi simbol perlindungan dan keberuntungan dalam tradisi Tionghoa. Naga dan singa dipercaya dapat mengusir roh jahat dan membawa keberuntungan serta kemakmuran. 

BACA JUGA: Resep Bakmie Goreng ala Chinese Resto, Persiapan Imlek!

  • Koin Emas

Koin emas di artikan sebagai kemakmuran dan kekayaan dalam budaya Tionghoa. Koin-koin ini sering dipajang atau diberikan sebagai hadiah untuk memberikan keberuntungan dan kesuksesan.

  • Bunga Persik

Bunga persik adalah simbol umur panjang dan kebahagiaan dalam budaya Tionghoa. Jeni bunga ini di artikan sebagai lambang dari harapan untuk kehidupan yang panjang dan penuh kebahagiaan.

  • Patung Kuda Perunggu

Patung kuda perunggu merupakan sebuah simbol keberuntungan dan kemenangan dalam tradisi Tionghoa. Kuda dipercaya membawa keberuntungan dalam urusan bisnis dan perdagangan. 

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan