6 Minuman Khas yang Biasa Ada dalam Perayaan Tahun Baru Imlek

JABAR EKSPRES – Merayakan imlek tidak hanya menghidangkan makanan, tidak sedikit yang menyediakan berbagai minuman khas perayaan tahun baru imlek.

Minuman-minuman khas ini tidak hanya memberikan kesegaran selama perayaan Imlek, tetapi juga memiliki makna simbolis yang dalam dalam budaya Tionghoa, menggambarkan harapan dan keinginan untuk tahun yang baru yang penuh dengan keberuntungan, kebahagiaan, dan kemakmuran.  

Minuman Khas Imlek

Berikut ini beberapa minuman khas yang sering disajikan selama perayaan Imlek, antara lain:

  • Teh Hijau

Teh hijau merupakan minuman yang sangat populer di Tiongkok dan jenis minuman ini sering disajikan selama perayaan Imlek. Teh hijau dipercaya memiliki berbagai kandungan antioksidan yang baik bagi kesehatan.

  • Hawthorn Punch (Jus Suanmeitang)

Hawthorn punch atau disebut juga sebagai jus suanmeitang, merupakan minuman dengan rasa manis yang terbuat dari buah hawthorn yang direbus dan diberi gula. Rasanya segar dan sedikit asam, dan sering dianggap sebagai minuman yang menyegarkan selama perayaan Imlek. 

BACA JUGA: 6 Hidangan Khas yang ada Saat Perayaan Imlek

  • Jus Jeruk Mandarin

Jeruk Mandarin merupakan jenis minuman khas  yang menjadi simbol keberuntungan dan kekayaan dalam budaya Tionghoa. Jus jeruk Mandarin sering disajikan selama perayaan Imlek sebagai simbol keberuntungan dan kesuksesan dalam tahun yang baru.

  • Air Teh Jujube (Jus Teh Kismis)

Teh jujube atau jus teh kismis yaitu minuman tradisional Tiongkok yang terbuat dari teh hitam atau teh hijau yang diseduh dengan tambahan kurma atau kismis. Minuman ini memiliki rasa yang manis dan sedikit pahit, dan sering dianggap sebagai minuman yang menyehatkan. 

BACA JUGA: Menjadi Salah Satu Simbol Perayaan Imlek, Ketahui Apa Itu Barongsai

  • Jus Delima (Jus Suantangzi)

Jus delima atau jus suantangzi merupakan minuman yang terbuat dari buah delima yang diekstrak. Minuman ini kaya akan antioksidan dan sering dianggap sebagai minuman yang menyegarkan selama perayaan Imlek.

  • Air Kembang Kelapa

Air kembang kelapa merupakan jenis minuman yang terbuat dari air kelapa yang segar dan ditambahkan dengan sirup gula merah atau sirup lainnya. Minuman ini menyegarkan dan sering disajikan selama perayaan Imlek.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan