PKL Jadi Musabab Kemacetan di Wilayah Gedebage

BANDUNG, JABAR EKSPRES – Langkah yang diambil oleh Kecamatan Gedebage dalam menertibkan sebanyak 1.050 Pedagang Kaki Lima (PKL) pada Minggu (4/2). Nyatanya berhasil melerai kemacetan di wilayah tersebut.

Menurut Camat Gedebage, Jaenudin, kebijakan ini telah lama diterapkan oleh pihaknya. Pun demikian, penerapan ini hanya dilaksanakan saat event besar terselenggara di kawasan tersebut.

“Kebijakan ini sudah lama kita rutinkan. Para PKL sudah manut terhadap keputusan ini. Kita ingatkan kembali ke PKL kalau ada kesepakatan bersama yang sudah dibangun,” kata Jaenudin, beberapa waktu lalu.

BACA JUGA: BREAKING NEWS! Lawan Lampu Merah, Laka Lantas Terjadi di Jalan Soekarno Hatta

Senin, 5 Februari 2023, terlihat penumpukan kendaraan masih terjadi di kawasan Gedebage. Meskipun demikian, kepadatan tak terjadi seperti beberapa waktu lalu sebelum ditertibkannya PKL.

Menurut Pengamat Kebijakan Publik, Universitas Muhamadiyah, Ahmad Muchtar menuturkan, penerapan ini harus terus dilakukan sebelumnya terealisasinya pembangunan-pembangunan guna mengurai kemacetan di wilayah Gedebage.

“Jadi mungkin ini bagus untuk jangka pendek mengurai kemacetan, sebelum realisasi pembangunan yang ada. Sekarang tinggal konsistensi dari aparat kewilayahan, bagaimana mempertahankan kondisi ini,” ungkapnya kepada Jabar Ekspres, Senin (5/2).

BACA JUGA: Problematika Macet Gedebage: Kurang Daya Dukung Infrastruktur Atau Memang Tak Teratur?

Di tempat lain, Pengendara Motor asal Ciwastra, Gingin berharap, kebijakan ini bisa terus dilakukan oleh aparat kewilayahan guna mengurai kemacetan di kawasan tersebut.

“Kalau ini memang ampuh, semoga bisa terus dilakukan. Mengingat sering macet juga kan disini,” paparnya

Perlu diketahui, guna mengurai kemacetan di kawasan Gedebage, Pemkot Bandung tengah menggodok percepatan pembangunan Exit Tol KM 151 yang bakal tembus langsung ke wilayah Soekarno Hatta.

Selain itu, realisasi pembangunan jembatan simpang lima Summarecon tengah dikebut oleh pihaknya. Hal ini guna mengurai kemacetan di Wilayah Gedebage. (Dam)

BACA JUGA: Andai Sesar Lembang Bergerak, Gedebage Paling Parah?

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan