Populer di Pasar Saham, Ketahui Keuntungan dan Risiko Bitcoin!

JABAR EKSPRES – Bitcoin merupakan bentuk mata uang digital atau cryptocurrency. Bitcoin beroperasi tanpa otoritas sentral atau lembaga keuangan, menggunakan teknologi blockchain untuk mencatat transaksi dan mengelola pengeluaran baru.

Menggunakan teknologi blockchain, pengguna mata uang digital ini dapat melakukan transaksi tanpa perlu melibatkan pihak ketiga seperti bank. Setiap kali transaksi dibuat, informasi tersebut dicatat di blok baru dalam blockchain, yang kemudian diverifikasi oleh jaringan komputer yang disebut penambang.  

Sebelum terlibat dalam perdagangan atau investasi Bitcoin, pastikan kamu memahami risiko dan melakukan riset terlebih dahulu secara menyeluruh. 

BACA JUGA: Sangat Terpengaruh Siklus Ekonomi, Ketahui Keuntungan dan Risiko Saham Siklikal

Berikut di bawah ini terdapat beberapa penjelasan mengenai keuntungan dan risiko dari penggunaan mata uang digital Bitcoin:

Keuntungan Bitcoin 

  • Desentralisasi

Cryptocurrency jenis ini tidak dikendalikan oleh pemerintah atau lembaga keuangan tertentu. Hal ini memberikan keuntungan bagi para penggunanya dengan kebebasan dan kontrol penuh. 

  • Transparansi

Semua transaksi Bitcoin tercatat dalam blockchain, yang dapat diakses secara publik. Ini meningkatkan transparansi dan memungkinkan verifikasi transaksi oleh siapa pun.

  • Inflasi Terbatas

Hanya ada jumlah terbatas Bitcoin yang akan pernah ada, yaitu 21 juta. Hal ini dapat membantu melindungi nilai mata uang digital tersebut dari inflasi.

  • Akses Global

Mata uang digital ini dapat diakses oleh siapa saja dengan koneksi internet, membuka peluang keuangan global tanpa batasan geografis. 

BACA JUGA: Miliki Pendapatan Stabil, Ketahui Keuntungan dan Risiko Saham Defensif

Risiko Bitcoin

  • Volatilitas Tinggi

Nilai Bitcoin sangat fluktuatif, dapat mengalami perubahan besar dalam waktu singkat. Ini bisa menjadi risiko besar untuk investor yang mencari stabilitas.

  • Keamanan

Meskipun teknologi blockchain memberikan keamanan tinggi, serangan siber terhadap pertukaran mata uang digital ini atau perangkat keras penyimpanan bisa menyebabkan kehilangan aset.

  • Regulasi

Kondisi hukum dan peraturan terhadap Bitcoin bervariasi di berbagai negara. Perubahan aturan atau larangan dapat mempengaruhi nilai dan penggunaan cryptocurrency tersebut.

  • Ketergantungan Teknologi

Bitcoin bergantung pada teknologi, dan masalah teknis seperti serangan 51%, perubahan kode, atau kegagalan jaringan dapat mempengaruhi Bitcoin.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan