PJ Wali Kota Bandung Desak PUPR Membuka Akses KM 149 untuk Mengurai Kemacetan di Gedebage

JABAR EKSPRES – Pemerintah Kota Bandung meminta Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) untuk bergegas membuka kembali jalan masuk dan keluar tol KM 149 Gedebage di ruas tol Padalarang-Cileunyi untuk mengatasi kemacetan di kawasan Gedebage.

Pemerintah Kota Bandung melihat bahwa akses tol tersebut dapat menjadi solusi untuk mengatasi kemacetan di kawasan Gedebage yang saat ini memiliki beberapa kawasan pusat keramaian seperti Masjid Raya Al Jabbar, Stadion GBLA, Stasiun Kereta Api Cepat Tegalluar, dan Summarecon Mall.

“Suratnya sedang berproses. Kita ingin mendorong supaya KM 149 ini nanti tuntas sampai ke Jalan Soekarno-Hatta. Ya kalau sekarang ini hanya sampai di Summarecon. Ini artinya belum tuntas, nah ini yang sedang kita dorong,” ujar PJ Wali Kota Bandung Ema, Kamis (1/2).

Untuk saat ini, Summarecon sedang menyiapkan akses jalan Sektor 5 sebagai alternatif bagi pengendara untuk mengakses kawasan Summarecon dan sekitarnya.

Baca juga: Kabupaten Bandung Tak Bisa Kirim Sampah ke TPAS Sarimukti, Bupati Akui Belum Mampu Kelola Mandiri Sepenuhnya

“Ya lumayan kalau itu dibuka untuk akses nanti menuju Masjid Al Jabbar bisa juga melingkar ke arah mal. Atau juga nanti bisa bisa langsung ke GBLA. Nanti ada jembatan balley di sana,” ucapnya.

Tidak hanya itu, percepatan pembangunan akses keluar masuk tol KM 151 juga sedang didorong. Pembangunan jalan tol ini akan membelah lahan dan konstruksi jalan milik Pemkot Bandung.

“Sekarang ini sedang dipercepat juga proses pembukaan KM 151. Otoritasnya di Pemerintah Pusat. Kita sifatnya mendukung. Kalau nanti pemerintah kota harus menghibahkan, saya pikir tidak ada masalah,” tambahnya.

Dalam mengatasi kemacetan dalam jangka pendek, Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Bandung terus melakukan rekayasa lalu lintas dan menempatkan petugas di titik-titik rawan kemacetan di kawasan Gedebage.

Dishub Kota Bandung telah menempatkan 30 petugas di lima titik di Gedebage pada akhir pekan untuk mengatur lalu lintas. Diharapkan dengan penempatan petugas tersebut, arus lalu lintas di kawasan Gedebage dapat lancar, terutama dengan adanya kegiatan ramai seperti di Summarecon Mall dan pertandingan Persib di Stadion GBLA.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan