Masih Primadona, Ribuan Orang Berkunjung ke Perpusda Jabar Tiap Bulannya

JABAR ESKSPRES – Perpustakaan Daerah (Perpusda) milik Pemerintah Provinsi Jawa Barat (Jabar) nampaknya masih jadi primadona. Ribuan masyarakat berkunjung ke perpus yang ada di kantor Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah (Dispusipda) Jalan Kawaluyaan Indah II Kota Bandung itu.

 

Sekretaris Dispusipda Jabar Andri Heriyanto mengungkapkan, pihaknya juga rutin merekap jumlah kunjungan hingga pengajuan kartu anggota baru di perpus tersebut. Misalnya pada Oktober 2023, pengunjung perpustakaan umum itu mencapai 8.319 orang. “Ini kami update tiap bulannya,” tuturnya.

 

Selain di Jalan Kawaluyaan Indah, perpustakaan yang bisa diakses publik juga ada di Lapangan Gasibu. Pada Oktober pengunjungnya ada 831 orang.

 

Kemudian untuk catatan masyarakat yang membuat kartu anggota baru ada 1.464 orang. Kemudian untuk jumlah bahan pustaka yang dipinjam ada 4.908 buah.

 

Jumlah itu juga naik turun dalam setiap bulannya. Pada November, tercatat pengunjung perpustakaan naik sampai 10.320 orang. Lalu pengunjung perpustakaan Gasibu ada 827 orang.

 

Sementara untuk pembuatan anggota baru ada 2.033 orang. Dan dengan jumlah bahan pustaka yang dipinjam ada 5.169.

 

Pada Desember, jumlah pengunjung perpustakaan ada di angka 7.879. Untuk pengunjung Perpustakaan Gasibu ada 879 orang. Untuk pembuatan angota baru ada di angka 1.641. Dan dengan bahan pustaka yang dipinjam ada di angka 4.329 buah.

 

Koleksi pustaka yang ada di Perpusda itu juga beragam. Mulai dari karya umum, filsafat, agama, ilmu sosial, bahasa, hingga sastra. Buku seperti metode penelitian cukup jadi primadona untuk dipinjam.(son)

Writer: Hendrik Muchlison

Tinggalkan Balasan