Lakukan 10 Hal Ini Jika Ingin Tahu Cara Membaca Cepat

JABAR EKSPRES – Apabila Anda ingin tahu cara membaca cepat maka silakan baca artikel ini sampai tuntas.

Melalui artikel ini Ada akan mengetahui bagaimana cara membaca cepat.

Lantas apa saja cara membaca cepat? Berikut penjelasannya.

10 Cara Membaca Cepat

1. Olahraga kecepatan membaca

Seperti berlatih kemampuan fisik, Anda juga bisa melatih kemampuan membaca Anda. Ada banyak aplikasi dan situs web yang dapat membantu Anda meningkatkan kecepatan membaca Anda secara efisien. Mari mulai pelatihan!

2. Hentikan ‘Berbicara Dalam Hati’

‘Berbicara dalam hati’ atau subvocalisasi adalah kebiasaan merasakan setiap kata dengan lisan dalam pikiran kita. Untuk membaca dengan cepat, hentikan kebiasaan ini. Cobalah membaca dengan kecepatan yang lebih tinggi sambil mempertahankan pemahaman kata-kata.

3. Bantu Diri Anda dengan Penunjuk

Menggunakan jari atau penunjuk lainnya untuk mengikuti teks akan membantu mata Anda untuk terus bergerak maju tanpa harus mundur ke kata-kata sebelumnya.

4. Prinsip “Chunking”

Teknik “chunking” mengizinkan Anda untuk melihat beberapa kata sekaligus sebagai satu unit. Daripada membaca kata per kata, Anda melihat grup kata dalam satu kesatuan. Teknik ini memungkinkan Anda membaca lebih cepat daripada biasanya.

5. Poin Utama Jadi Prioritas

Banyak teks memiliki poin-poin utama yang harus Anda tangkap. Alihkan perhatian Anda pada inti dari teks, daripada membaca setiap kata. Hal ini akan membantu Anda untuk membaca lebih cepat dan tetap memahami isinya.

6. Batasi Gangguan

Gangguan seperti suara atau kebisingan dapat merusak kecepatan membaca Anda. Cobalah untuk membaca di lingkungan yang tenang dan bebas gangguan untuk meningkatkan konsentrasi Anda.

7. Latihan Eye Tracking

Melatih mata Anda untuk melacak teks dengan benar adalah kunci untuk meningkatkan kecepatan membaca. Latihan eye tracking akan membantu Anda mengoptimalkan gerakan mata Anda.

8. Pilih Materi dengan Bijak

Pilih materi bacaan yang sesuai dengan tingkat kecepatan membaca Anda. Jika Anda merasa terlalu tertantang oleh bacaan tersebut, kecepatan Anda mungkin justru melambat.

9. Manfaatkan Alat Bantu

Berbagai alat bantu membaca, seperti papan membaca berkecepatan tinggi atau perangkat lunak pembaca teks, dapat membantu Anda membaca lebih cepat dan efisien.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan