Miliki Berbagai Senyawa Penting, Ketahui Manfaat Lengkuas Bagi Tubuh!

JABAR EKSPRES – Lengkuas, yang juga dikenal sebagai laos atau galangal, merupakan jenis tanaman akar yang umumnya digunakan dalam masakan Asia Tenggara guna memberikan rasa dan aroma unik. Selain memberikan citarasa yang khas pada makanan, lengkuas juga memiliki beberapa manfaat bagi kesehatan tubuh.

Namun, penting untuk kamu ingat, meskipun lengkuas memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan, penting untuk mencatat bahwa konsumsi lengkuas baiknya dalam jumlah yang moderat sebagai bagian dari pola makan seimbang.

Selain itu, pastikan juga untuk melakukan konsultasi terlebih dahulu dengan profesional kesehatan jika kamu memiliki kondisi medis tertentu atau sedang mengonsumsi obat-obatan. 

Manfaat Lengkuas Bagi Kesehatan Tubuh

Berikut ini beberapa manfaat konsumsi lengkuas bagi kesehatan tubuh, doi antaranya:

  • Antiinflamasi

Mengandung berbagai senyawa aktif, penggunaan lengkuas dapat membantu meredakan peradangan dalam tubuh dan dapat bermanfaat untuk kondisi seperti arthritis. 

BACA JUGA: Manfaat Kol Ungu, Salah Satunya Baik Bagi Kesehatan Jantung!

  • Meningkatkan Sistem Pencernaan

Lengkuas dapat membantu dalam meningkatkan sistem pencernaan dengan merangsang produksi enzim pencernaan. Ini dapat membantu mengurangi gejala seperti kembung, gas, dan masalah pencernaan lainnya.

  • Efek Antimikroba

Lengkuas mengandung beberapa senyawa yang berifat antimikroba dan antijamur. Beberapa kandungan tersebut bermanfaat dalam membantu melawan pertumbuhan bakteri dan jamur berbahaya dalam tubuh.

  • Menyediakan Antioksidan

Miliki kandungan antioksidan seperti flavonoid dan polifenol, lengkuas dapat di manfaatkan dalam membantu melawan radikal bebas dalam tubuh, dan dalam menjaga kesehatan sel dan mencegah kerusakan oksidatif.

  • Menyokong Sistem Kekebalan Tubuh

Kandungan nutrisi dan senyawa bioaktif dalam lengkuas dapat mendukung sistem kekebalan tubuh, seperti melawan infeksi dan penyakit. 

BACA JUGA: Mudah Dikonsumsi, Ketahui Manfaat Edamame Bagi Kesehatan!

  • Menyediakan Energi

Lengkuas mengandung karbohidrat dan sejumlah kecil protein yang dapat memberikan energi kepada tubuh. 

  • Pengelolaan Gula Darah

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa senyawa dalam lengkuas dapat bermanfaat membantu mengelola kadar gula darah dalam tubuh. 

  • Mengurangi Risiko Penyakit Jantung

Lengkuas memiliki beberapa senyawa yang bermanfaat dalam meningkatkan kesehatan jantung dengan mengurangi risiko penyakit jantung. 

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan