10 Kebiasaan Buruk yang Membuat Anda Cepat Gemuk: Tips Santai untuk Wujudkan Resolusi Menurunkan Berat Badan 2024

JABAR EKSPRES – Jika salah satu resolusi Anda untuk tahun 2024 adalah menurunkan berat badan, maka saatnya untuk menghentikan kebiasaan buruk yang bisa membuat Anda cepat gemuk. Memiliki tubuh langsing dan sehat tentu menjadi dambaan banyak orang, tetapi seringkali kebiasaan buruk seperti ngemil atau kurang istirahat bisa menghambat upaya penurunan berat badan Anda, meskipun Anda sudah rutin berolahraga.

Ahli diet dari Weight Loss Clinic, Kathleen Zelman, menekankan pentingnya menghentikan kebiasaan buruk lama dan mulai menggantinya dengan kebiasaan baru yang lebih sehat.

“Lakukan sesuatu yang baru selama 21 hari, dan Anda bisa menghentikan kebiasaan itu,” kata Zelman seperti dikutip dari WebMD.

Berikut ini adalah 10 kebiasaan buruk yang dapat membuat Anda cepat gemuk, seperti dilansir dari berbagai sumber:

1. Konsumsi Daging Olahan

Kebiasaan mengonsumsi daging olahan seperti keripik kentang, steak, dan daging olahan lainnya dapat cepat menambah berat badan. Riset yang diterbitkan di New England Journal of Medicine menemukan bahwa konsumsi pangan ini setiap hari dapat membuat tubuh gemuk.

2. Pilih Makanan ‘Low Fat’

Menganggap pangan berlabel ‘low fat’ aman untuk berat badan bisa menjadi kesalahan. Lemak seringkali diganti dengan karbohidrat sederhana yang dapat memicu lonjakan gula darah, diikuti dengan rasa lapar yang membuat Anda makan lebih banyak.

3. Makan dengan Terburu-buru

Makan dengan terlalu cepat dapat menyebabkan kelebihan berat badan atau obesitas. Sebuah studi di jurnal BMJ menunjukkan bahwa orang yang makan dengan cepat cenderung makan lebih banyak sebelum merasa kenyang.

4. Makan Makanan Asin

Konsumsi garam berlebihan dapat membuat tubuh menahan banyak cairan, menyebabkan peningkatan berat badan. Makanan tinggi garam, seperti daging olahan, keju, dan saus, dapat berkontribusi pada penambahan berat badan.

5. Kurang Minum

Kurang minum air putih adalah kebiasaan buruk yang membuat tubuh cepat gemuk. Penelitian menunjukkan bahwa minum dua gelas air sebelum makan dapat membantu mengurangi berat badan.

6. Makan dengan Piring Besar

Ukuran piring dapat mempengaruhi berat badan. Studi menemukan bahwa orang yang obesitas cenderung memilih piring yang lebih besar. Menggunakan piring kecil dapat membantu mengontrol porsi makan.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan