Tingkatkan SDM Unggul, Kecamatan Bogor Tengah Kembangkan Potensi Seniman Jalanan

JABAR EKSPRES – Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor menggandeng Forum Aliansi Seniman Jalanan ‘Polusi Senja’ sebagai komitmen meningkatkan dan menggali potensi sumber daya manusia (SDM) unggul di lingkungan masyarakat.

Hal itu diungkapkan Camat Bogor Tengah, Teofilo Patrocinio Freitas. Ia menjelaskan, upaya itu menjadi salah satu program yang tengah digencarkan dalam Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) tahun ini.

Musisi jalanan kerap kali dipandang sebelah mata bahkan dikucilkan ditengah masyarakat lantaran ulah oknum yang dinilai meresahkan.

BACA JUGA: Bandingkan dengan Negara Tetangga, PHRI Kota Bogor Minta Kenaikan Pajak Hiburan Dibatalkan

“Jadi makannya kami berpikir bahwa teman-teman jalanan atau musisi jalanan ini harus diberikan kesempatan mereka berkarya sesuai dengan ketentuan yang berlaku, tidak menggangu ketertiban umum dan lain-lain. Tentu ini perlu bantuan fasilitas dari kita,” kata Teofilo kepada Jabar Ekspres pada Kamis, 25 Januari 2024.

Ia menjelaskan, dari ratusan anggota yang tergabung dalam Forum Aliansi Seniman Jalanan pada tahap awal ini, pihaknya telah merangkul sekitar 20 orang musisi jalanan yang rata-rata berdomisili di Kelurahan Babakan Pasar.

Para musisi jalanan itu akan diberikan pembinaan dan wadah untuk berkreasi di sejumlah titik yang telah disiapkan ke depan seperti kawasan Suryakencana, Alun-alun Kota Bogor hingga kafe-kafe dan hotel.

“Kami yakin jika mereka diarahkan dan diberikan fasilitas potensinya akan muncul.
Perlu juga bantuan dorongan legalitas dari kita ataupun kita memfasilitasi untuk menyalurkan mereka ke tempat-tempat hiburan yang memerlukan jasa mereka pentas di sana,” jelas Teo sapaannya.

Sekretaris Camat Bogor Tengah, Asep Faizal menambahkan, dalam waktu dekat ini pihaknya akan memberikan panggung perdana kepada para seniman jalanan tersebut untuk tampil di acara Musrenbang tingkat Kecamatan Bogor Tengah.

BACA JUGA: Turunkan Angka Stunting di Kota Bogor, Pemkot Kembali Gandeng Pelaku Usaha

“Harapan kita mereka masuk dalam kategori manusia unggul itu. Pastinya dalam posisi yang tadinya tidak terorganisir, kemudian tidak terpola, perlahan bisa lebih mempunyai tantangan yang jelas dari sisi pergaulannya, mencari uangnya, berkarya dalam musiknya. Mudah-mudahan sesuai harapan ya,” paparnya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan