Samsung Galaxy AI Bisa Dinikmati Gratis Sampai Kapan?

JABAR EKSPRES – Samsung baru-baru ini memperkenalkan Galaxy AI sebagai fitur utama dalam seri Galaxy S24.

Banyak pengguna yang berharap fitur-fitur canggih ini akan tetap tersedia secara gratis dalam jangka waktu yang lama.

Baca juga : Perbandingan Samsung Galaxy S23 FE vs Galaxy S23, Pilih yang Mana?

Namun, pertanyaan muncul apakah Galaxy AI akan tetap gratis selamanya atau tidak.

Galaxy AI mengandalkan sistem yang berjalan di perangkat (on-device) dan di cloud (on-cloud).

Ada kemungkinan bahwa fitur-fitur yang memanfaatkan AI on-cloud akan menjadi berbayar karena membutuhkan operasional server yang melibatkan biaya.

“Fitur Galaxy AI akan tersedia secara gratis hingga akhir tahun 2025 di perangkat Samsung Galaxy yang didukung. Ketentuan yang berbeda mungkin akan berlaku untuk fitur AI yang disediakan oleh pihak ketiga,” seperti yang diungkapkan dalam catatan kaki di halaman resmi Galaxy S24, seperti dilaporkan oleh Mashable pada Minggu (21/1/2024).

Penjelasan ini menunjukkan bahwa pengguna yang membeli Galaxy S24 sekarang dapat menikmati fitur Galaxy AI secara gratis selama dua tahun.

Namun, mulai tahun 2026, pengguna mungkin harus membayar untuk tetap menggunakan fitur-fitur canggih ini.

Beberapa fitur yang ditawarkan oleh Samsung, seperti Live Translate dan Interpreter, dapat dijalankan sepenuhnya di perangkat.

Namun, fitur lainnya, seperti Generative Edit dan transkripsi rekaman, bergantung pada cloud dan menggunakan model AI dari Google Gemini.

Pihak Samsung Indonesia juga memberikan indikasi bahwa fitur Galaxy AI mungkin tidak akan gratis selamanya.

Baca juga : Samsung Galaxy Ring 2024 dengan Teknologi AI, Untuk Apasih? Ini dia Penjelasannya

Meskipun tidak dijelaskan dengan rinci, apakah fitur yang tidak lagi gratis ini akan ditawarkan melalui layanan berlangganan atau skema lainnya.

“Gratis atau tidak, tadi saya sebutkan ada yang on-device dan on-cloud. Saat ini semua fitur AI adalah gratis. On-device gratis dari Samsung, sedangkan on-cloud itu kembali tergantung dari regulasi pihak ketiga. Cuma sampai saat ini gratis,” ujar Verry Oktavianus, MX Product Marketing Senior Manager Samsung Electronics Indonesia, dalam sesi hands-on Galaxy S24 series.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan