Bocoran Fitur-Fitur Canggih iPhone 16 Pertanda akan Segera Rilis?

JABAR EKSPRES – Sebuah laporan terbaru mengklaim bahwa Apple sedang menguji coba tombol kamera baru yang akan disertakan pada iPhone keluaran tahun ini. Tombol baru ini mungkin akan terpasang pada iPhone 16.

Tombol kamera pada iPhone 16 ini akan ditempatkan di sisi kanan bawah perangkat, tepat di bawah jari telunjuk pengguna saat sedang mengambil foto dan video dalam mode lanskap.

Baca juga : Perbandingan iPhone 15 dan Samsung Galaxy S23, Pilihan yang Sulit!

Kabar mengenai tombol kamera baru ini sebenarnya sudah beredar sejak September lalu. Situs prediksi Apple yang terpercaya, MacRumors, telah melaporkan bahwa fitur ini sedang dalam pengembangan.

Adapun informasi yang berbeda adalah mengenai sifat tombol ini. MacRumors sebelumnya melaporkan bahwa tombol ini akan bersifat kapasitif, yang berarti tombol tersebut akan mensimulasikan penekanan dengan getaran.

Tombol Baru di iPhone 16

Namun, laporan baru yang disampaikan oleh The Information mengatakan bahwa tombol tersebut akan bersifat mekanis seperti tombol tradisional.

Meskipun bersifat tradisional, tombol ini dilaporkan akan memiliki fitur kapasitif tambahan, sehingga mampu merespon sentuhan dan tekanan.

Pengguna dapat menggeser tombol ke arah kiri dan kanan untuk mengontrol zoom kamera, serta menekannya secara ringan untuk mengatur fokus pada subjek yang akan difoto.

The Information dan MacRumors mengabarkan bahwa tombol kamera ini sedang diuji untuk dimasukkan ke seluruh jajaran iPhone 16, termasuk model reguler dan Pro.

Mark Gurman dari Bloomberg juga telah melaporkan kemungkinan adanya tombol kamera baru di ponsel tersebut. Jika tombol kamera ini berhasil diluncurkan, maka ini akan menjadi tombol kedua yang ditambahkan pada iPhone dalam beberapa tahun terakhir.

Selain itu, Apple juga sedang menguji perubahan pada tombol daya dan volume mekanis. Pada tahun lalu, dilaporkan bahwa Apple sedang mempertimbangkan penggunaan tombol kapasitif sebagai alternatif untuk tombol mekanis ini. Namun, rencana tersebut dibatalkan karena fitur tersebut tidak memenuhi standar Apple.

Perlu dicatat bahwa saat ini Apple sedang menguji fitur-fitur ini dan rencana untuk iPhone 16 bisa berubah sebelum diumumkan pada bulan September nanti.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan