8 Olahraga yang Dapat Membantu Memperkuat Otot Punggung!

JABAR EKSPRES – Terdapat beberapa jenis olahraga yang bisa kamu lakukan untuk membantu memperkuat otot punggung kamu. Di bawah ini akan di jelaskan apa saja olahraga yang bisa dilakukan dan apa manfaatnya. 

Namun, sebelum melakukan beberapa jenis olahraga ini pastikan kamu berkonsultasi dengan profesional kesehatan atau pelatih olahraga untuk memastikan keamanan dan keefektifan latihan. 

Olahraga yang Dapat Membantu Memperkuat Otot Punggung

Berikut ini beberapa jenis olahraga yang dapat membantu memperkuat otot punggung:

  • Deadlift

Deadlift merupakan latihan kekuatan yang melibatkan mengangkat beban dari lantai ke posisi berdiri. Jenis olahraga ini bermanfaat dalam meningkatkan kekuatan dan stabilitas di daerah punggung.

  • Pull-Up atau Chin-Up

Pull-up atau chin-up melibatkan mengangkat tubuh ke atas dari posisi tergantung pada sebuah bar guna menguatkan otot punggung, bahu, dan lengan. 

BACA JUGA: Memperkuat Otot Tangan, Lakukan Beberapa Jenis Olahraga Ini!

  • Lat Pulldown

Menggunakan mesin lat pulldown untuk menarik beban ke arah tubuh dengan tangan yang melebar. Olahraga ini melibatkan otot punggung, bahu, dan lengan.

  • Bent Over Rows

Berdiri dengan badan membungkuk ke depan, kemudian mengangkat beban ke arah dada yang bermanfaat dalam memperkuat dan membentuk otot punggung atas dan bahu.

  • Back Extension

Back extension melibatkan membungkuk ke depan di atas alat back extension dan mengangkat torso kembali ke posisi horizontal. Jenis olahraga ini dapat membantu dalam memperkuat otot punggung bagian bawah dan membantu memperbaiki postur tubuh.

BACA JUGA: Dapat Membantu Mengecilkan Paha dan Betis, Berikut Jenis Olahraganya!

  • Berenang 

Berenang merupakan jenis olahraga yang melibatkan seluruh tubuh dalam gerakannya, termasuk gerakan tangan dan kaki yang dapat memperkuat otot punggung. Oleh sebab itu, olahraga ini dapat memperkuat otot punggung, bahu, dan kaki, serta meningkatkan postur tubuh.

  • Yoga

Berbagai pose yoga, seperti pose papan dan anjing, dapat membantu menguatkan otot punggung dan meningkatkan fleksibilitas.

  • Pilates

Pilates melibatkan gerakan kontrol dan pernapasan yang difokuskan untuk memperkuat otot inti, termasuk otot punggung.  

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan