Rencana PT Jaswita Kelola Masjid Al Jabbar Masih Abu-Abu, BPKAD Belum Terima Permohonan

JABAR EKSPRES – Rencana PT Jaswita Jabar untuk mengelola lahan bisnis Masjid Al Jabbar masih abu-abu. Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Jabar mengaku belum menerima surat resmi permohonan dari salah satu Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) tersebut.

Hal itu diungkapkan Kepala BPKAD Jabar Nanin Hayani saat ditemui di Gedung Sate Senin (22/01). “Belum ada, sampai saat ini kami belum terima suratnya,” cetusnya kepada Jabar Ekspres.

Wacana pengelolaan itu sebenarnya bergulir di internal PT dan Biro BUMD, Investasi dan Administrasi Pembangunan (Biro BIA) Pemprov Jabar. Proposal rencana pengelolaan itu tengah dibahas Biro BIA.

BACA JUGA: Nasib PT Jaswita Sebagai Pengelola Bisnis di Masjid Al Jabbar Masih Digantung

Kepala Biro BIA Lusi Lesminingwati mengungkapkan, pembahasan proposal rencana pengelolaan kawasan Masjid Al Jabbar oleh PT Jaswita itu masih belum rampung. “Ini masih dibahas secara paralel bersama Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD),” katanya kepada Jabar Ekspres, Jumat (22/12).

Proses pembahasan itu memang tidak bisa cepat. Karena butuh berbagai pertimbangan yang matang. Sehingga tidak muncul masalah di kemudian hari.

Di sisi lain, Masjid Al Jabbar adalah salah satu ikon baru di Kota Bandung. Selain menarik untuk wisata religi, ternyata masjid yang diresmikan pada Desember 2022 itu memiliki segudang potensi lahan bisnis yang menggiurkan.

Potensi itu mulai dari pengelolaan parkir, Galeri Rasulullah, sempadan masjid hingga area jualan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). Jabar Ekspres sendiri sempat menghitung bahwa potensi retribusi parkir di kawasan masjid yang diresmikan Ridwan Kamil itu bisa mencapai ratusan juta rupiah. Karena pengunjung ke kawasan masjid itu juga cukup besar. Apalagi di hari libur dan momen-momen religi tertentu.

BACA JUGA: Sepak Terjang PT Jaswita yang Bakal Kelola Galeri Rasulullah Al Jabbar, Pendapatan dan Setoran Deviden Anjlok

Berdasarkan pantauan Jabar Ekspres di lokasi, lokasi parkir di kawasan Masjid Al Jabbar Kota Bandung yang ada di Kecamatan Gedebage itu terbagi di beberapa titik. Untuk sektor A berada di halaman sisi tenggara. Sektor B berada di halaman sisi timur laut. Sektor C berada di kawasan barat.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan