Mengapa Muncul ‘Pusdatin Token Timeout’ Saat Daftar Akun SNPMB 2024?

JABAR EKSPRES – Sedang ramai saat ini, ketika hendak membuat akun SNPMB 2024 terjadi masalah error yang bertuliskan “Pusdatin Token Timeout”. Lalu apa maksud dari informasi tersebut?

Tidak sedikit siswa yang sedang mendaftar akun SNPMB 2024 mengeluhkan munculnya tulisan Pusdatin Token Timeout.

“ptn! PLS DRI KMRN GUE MAU BIKIN AKUN SNPMB TULISANNYA “PUSDATIN TOKEN TIMEOUT” TERUSSSS. ADA YG SM GA??😭😭😭,” tulis warganet X melalui akun @sbmptnfess, Selasa (23/1/2024).

Mengapa Terjadi Pusdatin Token Timeout?

Dilansir dari penjelasan kanal YouTube Ilmu Komputer dan Pendidikan, munculnya tulisan Pusdatin Token Timeout kemungkinan karena banyaknya yang sedang melakukan pembuatan akun SNPMB.

Portal SNPMB ini akan merequest data ke databasenya PUSDATIN melalui API.

Terkadang API memiliki batas akses, jika sedang banyak yang daftar request-nya, maka bisa menyebabkan error. Sehingga dapat dicoba secara berkala.

Solusinya jangan panik dan khawatir, bisa mencoba kembali mendaftar di waktu yang berbeda.

BACA JUGA: GRATIS! Cara Cek Rasionaliasasi SNBP 2024 di HP, Cari Tahu Peluang Lulus Kuliah

Apa Itu Pusdatin?

Dikutip dari laman Kemendikbud,  PUSDATIN adalah Pusat Data dan Teknologi Informasi Pendidikan dan Kebudayaan Kemendikbud.

Tugas PUSDATIN adalah untuk melaksanakan penyiapan perumusan kebijakan teknis dan pelaksanaan pengelolaan data dan statistik serta pengelolaan dan pendayagunaan teknologi informasi.

Salah satu fungsi PUSDATIN adalah penyiapan kebijakan teknis pengelolaan data dan statistik serta pengelolaan dan pendayagunaan teknologi informasi bidang pendidikan dan kebudayaan serta riset dan teknologi dalam rangka melaksanakan tridharma perguruan tinggi.

Kemudian pelaksanaan pengelolaan data dan statistik bidang pendidikan dan kebudayaan serta riset dan teknologi dalam rangka melaksanakan tridharma perguruan tinggi. Lalu masih banyak lagi fungsi PUSDATIN lainnya.

BACA JUGA: Cek Peluang Diterima Lulusan SMK di UI Jalur SNBP 2024, Ini Tips Memilih Jurusannya

Jadwal Pembuatan Akun SNPMB 2024 Bagi Siswa

Berdasarkan pengumuman resmi yang sudah disampaikan tim SNPMB BPPP, registrasi akun SNPMB bagi sekolah dan siswa sudah berlangsung sejak 8 Januari 2024, pukul 15.00 WIB.

Tahap pembuatan akun ini merupakan langkah pertama dalam seleksi penerimaan mahasiswa baru.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan