Cara Mengatasi Sinyal R di Ponsel

JABAR EKSPRES – Sinyal R pada ponsel mungkin pernah membuatmu penasaran. Apa sebenarnya makna di balik kode R tersebut?

Setiap orang pasti pernah mengalami masalah dengan sinyal atau jaringan seluler. Salah satu masalah yang sering muncul adalah adanya tulisan R pada ikon sinyal.

Baca juga : 7 Ponsel Keren Pakai Helio G99 di 2024 Harganya Cuma Rp1 Jutaan!

Kode R ini biasanya diiringi dengan putusnya koneksi internet dan jaringan telepon, yang tentu saja bisa mengganggu aktivitas komunikasi kita.

Meskipun jarang terjadi, penampilan tulisan atau kode R pada sinyal bisa terjadi dan cukup mengganggu, terutama saat kita membutuhkan koneksi internet untuk keperluan penting.

Jadi, apa sebenarnya arti dari sinyal R ini?

Sinyal R pada ponsel sebenarnya memiliki arti “Roaming.” Roaming terjadi ketika perangkat atau kartu SIM digunakan di luar wilayah biasanya.

Hal ini sering terjadi saat kita bepergian ke luar negeri dan masih menggunakan kartu SIM atau provider lokal. Dengan kata lain, munculnya kode R ini adalah indikasi bahwa ponsel sedang terhubung dengan jaringan di luar negara asalnya.

Penyebab dari munculnya sinyal R bisa bermacam-macam. Mungkin karena koneksi ponsel dengan tower BTS terputus atau adanya gangguan lain seperti perbaikan pada tower BTS yang mengakibatkan putusnya koneksi.

Selain itu, mungkin juga karena adanya kerusakan pada handphone, terutama pada komponen penerima sinyal.

Cara Mengatasi Sinyal R di Ponsel

Jika mengalami masalah dengan sinyal R, langkah pertama yang bisa kamu coba adalah melakukan koneksi ke jaringan secara manual. Caranya cukup sederhana:

1. Buka menu pengaturan.

2. Pilih menu jaringan seluler.

3. Klik “pilih jaringan secara otomatis.”

4. Ponsel akan mencari jaringan yang tersedia.

5. Tunggu proses pencarian jaringan selesai.

6. Pilih jaringan sesuai dengan kartu SIM yang digunakan.

7. Dengan langkah ini, diharapkan jaringan akan kembali normal.

Baca juga : 4 Ponsel Keren dan Harganya Gak Nyesel di Tahun 2024!

Jika langkah di atas tidak berhasil, mungkin ada kendala di tower BTS terdekat yang sedang dalam perbaikan. Cobalah untuk menunggu beberapa saat dan mencoba kembali.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan