13 Fakta Psikologi Ini Akan Membuatmu Tercengang!

JABAR EKSPRES – Dalam artikel ini, kita akan belajar tentang 13 fakta psikologi yang menarik tentang perilaku manusia. Psikologi manusia adalah sebuah perjalanan yang tanpa akhir dan ajaib di dalam pikiran kita.

Fakta Psikologi yang dibahas memiliki relevansi yang besar untuk setiap aspek kehidupan kita, dari cara kita menjalin hubungan hingga cara kita membuat pilihan.

Manfaat lain dari mengetahui fakta Psikologi juga membantu kita memahami diri sendiri dan orang lain pada tingkat yang mendalam.

Berikut 13 Daftar Fakta Psikologi

1. “Mirroring Mirage yang mengacu pada peniruan bawah sadar terhadap tindakan orang lain. Ini adalah respons otomatis di mana otak kita terhubung dengan kabel untuk meniru orang lain, yang membantu kita terhubung dan berempati.

2. Paradoks pilihan memiliki terlalu banyak pilihan sebenarnya dapat membuat kita kurang bahagia karena otak kita macet saat mencoba memilih yang “terbaik”.

3. Baader-Meinhof juga masuk dalam daftar ini, yang mengacu pada saat kita mempelajari sesuatu hal baru dan tiba-tiba mulai melihat hal itu di mana-mana karena otak kita sudah terprogram untuk mengenalinya.

4. Efek Tetris adalah salah satu fakta psikologi menarik lainnya. Ini terjadi ketika seseorang bermain game seperti Tetris selama berjam-jam dan kemudian melihat balok-balok jatuh di dalam pikiran mereka bahkan ketika mereka tidak bermain atau dalam mimpi mereka.

Baca Juga: 7 Teknik Psikologi Manipulasi untuk Bisa Memengaruhi Orang Lain

5. Retrospeksi Kemerahan adalah fenomena di mana otak kita cenderung mengedit ingatan kita dengan cara yang membuat masa lalu terlihat lebih bahagia dan menyenangkan daripada yang sebenarnya. Hal ini menyebabkan kita lebih mengingat tawa dan saat-saat menyenangkan daripada hal-hal yang negatif.

6. Efek Burung Unta adalah ketika kita dengan sengaja menghindari atau mengabaikan informasi yang negatif atau tidak nyaman. Misalnya, tidak memeriksa rekening bank karena takut jumlahnya tidak sesuai harapan. Fenomena ini seperti mematikan berita yang selalu buruk atau secara sengaja tidak membuka rapor karena takut dengan hasilnya.

7. Gema Emosional adalah fenomena di mana emosi seseorang dalam kelompok dapat menular ke orang lain. Ketika salah satu orang merasa sedih, orang lain di sekitarnya juga cenderung merasakan penurunan suasana hati yang sama.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan