Pengamat Fashion Sebut Pakaian Cak Imin di Debat Keempat Seperti Style Idol Korea

JABAR EKSPRES – Calon wakil presiden nomor urut Muhaimin Iskandar mengenakan pakaian formal sederhana berupa kemeja putih dan celana hitam pada debat ke-4 yang diselenggarakan di JCC Senayan, Jakarta, Minggu (21/1/24) malam.

Pengamat mode dan desainer dari Indonesian Fashion Chamber of Commerce (IFC) Lisa Fitria mengatakan penampilan tersebut tampak konsisten dengan penampilannya di tiga debat sebelumnya, namun jika diperhatikan lebih seksama.

Ia mengatakan bahwa gaya utama adalah tampilan pria yang biasa dikenal dengan nama Cak Imin sering digunakan oleh para aktor dan idol Korea.

BACA JUGA : Mahfud Md Sebut Food Estate adalah Program Gagal! Kenapa?

“Mungkin ada strategi baru. Artis Korea suka tampil dengan pakaian yang dimasukkan ke dalam kemeja mereka untuk memperlihatkan tampilan yang bersih dan serba putih. Ini adalah gaya Korea. Pakaian kantor,” kata Lisa dikutip dari Antara, Senin (22/1/24)

Lisa mengatakan bahwa Cak tidak hanya membuat Yimin terlihat seperti pegawai negeri, tetapi juga menggulung lengan bajunya agar terlihat lebih kasual.

Hal ini juga bisa menjadi cara bagi Wakil Presiden Nomor Satu untuk mempromosikan elektabilitasnya sendiri di kalangan anak muda.

Penampilan ini memang disengaja, mengingat anak muda saat ini, terutama Gen Z dan Milenial, memiliki kecintaan yang besar pada aktor, idola, atau budaya Korea, yang sering disebut sebagai “oppa” (kakak laki-laki) dalam bahasa Korea.

“Generasi muda ini masih dalam tahap menunggu dan melihat, jadi dia sekarang bekerja untuk meningkatkan potensi elektoral anak muda.Mungkin awalnya nilai A, tapi generasi ini tidak tertarik untuk mengeksplorasi. Saya menyukainya, jadi saya mungkin akan beralih ke B atau C setelah itu,” kata Lisa.

Lisa melihat penampilan ini tidak hanya sebagai strategi baru, tetapi juga sebagai kesempatan bagi Cak Yimin untuk bergerak lebih fleksibel dan bebas selama debat.

Baru-baru ini, terungkap bahwa pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut satu, Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar, memiliki hubungan yang sangat dekat dengan para penggemar budaya pop Korea.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan