Modus Penipuan Baru Tahun 2024 Pakai QR Buat Kuras Rekening Korban, Hati-Hati!

JABAR EKSPRES – Berhati-hatilah ketika melakukan transaksi menggunakan kode QR di ponsel Anda, karena hal ini adalah modus penipuan baru tahun 2024 yang dikenal sebagai “quishing”.

Metode penipuan ini dapat menguras rekening korban melalui QR code tersebut.

Baca juga : Hati-Hati! Penipuan via QR Code Intai Pengguna Surat Elektronik, Simak Cara Menghindarinya

Quishing, singkatan dari QR code dan phishing, merupakan teknik di mana pelaku menciptakan situs web palsu untuk memancing informasi pribadi dan detail dari korbannya.

Saat QR code dipindai, korban akan diarahkan ke situs web yang sebenarnya palsu, sulit untuk dideteksi sebelum membuka halaman web.

Pelaku quishing dapat memanfaatkan berbagai informasi yang dapat ditampilkan melalui QR code, mulai dari pesan teks hingga alamat peta.

Mereka dapat menyesatkan orang untuk mengunduh sesuatu ke dalam perangkat mereka, yang pada akhirnya dapat merugikan perangkat korban.

Langkah selanjutnya dalam skema ini adalah meminta korban untuk memasukkan kredensial login, yang kemudian akan diperoleh oleh pelaku quishing.

Kejahatan ini semakin berkembang karena QR code dapat dibuat dengan mudah oleh siapa saja tanpa memerlukan keahlian khusus.

Untuk menghindari jatuh korban quishing, hindarilah mempercayai QR code yang terpajang di tempat umum atau yang diberikan oleh sumber yang tidak jelas.

Selalu waspada terhadap QR code yang disertai dengan pernyataan mendesak, seperti “Pindai kode QR ini untuk memverifikasi identitas Anda atau mencegah penghapusan akun Anda.”

Baca juga : Lengkap! Ini Cara Transfer Chat WhatsApp Pakai QR Code

Sebagai langkah preventif, pastikan untuk mengaktifkan autentikasi dua faktor pada setiap akun yang Anda miliki dan selalu keluar dari perangkat yang tidak digunakan lagi.

Dengan demikian, Anda dapat melindungi diri dari potensi serangan quishing yang merugikan.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan