Centella Asiatica, Jenis Tanaman Herbal yang Bermanfaat Bagi Kesehatan Kulit!

JABAR EKSPRES – Daun pegagan atau yang dikenal sebagai Centella asiatica, merupakan jenis tanaman herbal yang telah digunakan secara tradisional dalam pengobatan di berbagai bagian dunia. Daun pegagan biasanya digunakan sebagai bahan dalam produk perawatan kulit dan sebagai suplemen kesehatan. 

Penting untuk diketahui bahwa sebelum menggunakan produk perawatan kulit atau suplemen yang mengandung daun pegagan, selalu pastikan untuk melakukan uji patch pada area kecil untuk memastikan tidak ada reaksi alergi atau iritasi.

Manfaat Centella Asiatica untuk Kesehatan Kulit 

Ketahui beberapa manfaat dari penggunaan daun pegagan atau Centella asiatica untuk kesehatan kulit, antara lain: 

  • Merangsang Produksi Kolagen

Daun pegagan diketahui memiliki kemampuan untuk merangsang produksi kolagen, protein yang penting untuk elastisitas dan kekenyalan kulit. 

BACA JUGA: Melembapkan Kulit Wajah, Berikut Manfaat Lain Masker Lidah Buaya

  • Antiinflamasi

Centella asiatica mengandung senyawa-senyawa aktif yang bersifat antiinflamasi yang bermanfaat dalam membantu mengurangi peradangan pada kulit. 

  • Antioksidan

Terdapat kandungan antioksidan yang bermanfaat dalam membantu melawan kerusakan akibat radikal bebas. Radikal bebas dapat menyebabkan penuaan dini dan kerusakan sel-sel kulit.

  • Mengurangi Hiperpigmentasi

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa Centella asiatica dapat membantu dalam mengurangi hiperpigmentasi atau bintik-bintik gelap pada kulit. 

  • Meningkatkan Sirkulasi Darah

Daun pegagan diketahui dapat meningkatkan sirkulasi darah, yang dapat mendukung kesehatan kulit dengan menyediakan oksigen dan nutrisi yang cukup ke sel-sel kulit. 

BACA JUGA: Cara Penggunaan Masker Telur Kuning dan Beberapa Manfaatnya Bagi Kulit

  • Menghidrasi Kulit

Centella asiatica memiliki manfaat pada kesehatan kulit, seperti membantu menjaga kelembapan kulit dengan meningkatkan retensi air pada lapisan kulit, sehingga dapat memberikan efek hidrasi. 

  • Perlindungan Terhadap Radiasi UV

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa daun pegagan dapat memberikan perlindungan terhadap kerusakan kulit akibat paparan sinar UV. 

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan