Mengenali Datangnya Kematian Berdasarkan Petunjuk dari Al Qur’an

JABAR EKSPRES – Setiap mahluk yang bernyawa akan menemui kematian. Namun kematian merupakan rahasia yang tidak bisa diketahui oleh manusia. Tapi kita masih bisa mengenali datangnya kematian berdasarkan petunjuk dari Al quran.

Ada beberapa cara untuk bisa mengenali datangnya kematian dilihat dari sifat-sifatnya. Karena semua petunjuk tersebut sudah ada dan dijelaskan dalam Al quran.

Manusia hanya perlu mempersiapkan datangnya kematian yang tidak akan bsia diketahui seperti apa bentuk dan waktunya.

Baca juga : Daftar Hewan yang Sering Dikaitkan sebagai Simbol Kematian

Berikut beberapa sifat dari kematian dalam Alquran, yang bisa menjadi dasar kita untuk lebih mengenalinya, dan menjadi peringatan bagi manusia.

1. Kematian bersifat memaksa dan akan menghampiri manusia walaupun kita berusaha menghindari risiko kematian.

Katakanlah: “Sekiranya kamu berada di rumahmu, nescaya orang-orang yang telah ditakdirkan akan mati terbunuh itu ke luar (juga) ke tempat mereka terbunuh”. Dan Allah (berbuat demikian) untuk menguji apa yang ada dalam dadamu dan untuk membersihkan apa yang ada dalam hatimu. Allah Maha Mengetahui isi hati. (QS Ali Imran, 3:154)

2. Kematian akan mengejar sesiapapun.

Meskipun manusia bersembunyi atau berlindung di balik benteng yang kukuh, atau berlindung di sebalik teknologi kedoktoran yang canggih, serta ratusan doktor terbaik yang ada di muka bumi ini.

Di mana saja berada, kematian akan mendapatkan kamu dan jika mereka memperoleh kebaikan, mereka mengatakan:

“Ini adalah dari sisi Allah”, dan kalau mereka ditimpa sesuatu bencana mereka mengatakan, “Ini (datangnya) dari sisi kamu (Muhammad)”. Katakanlah: “Semuanya (datang) dari sisi Allah”. Maka mengapa orang-orang itu (orang munafik) hampir-hampir tidak memahami pembicaraan sedikit pun? (QS An-Nisa 4:78)

3. Kematian akan mengejar sesiapapun walaupun ia lari untuk menghindarinya.

Katakanlah: “Sesungguhnya kematian yang kamu lari daripadanya, maka sesungguhnya kematian itu akan menemui kamu, kemudian kamu akan dikembalikan kepada (Allah), yang mengetahui yang ghaib dan yang nyata, lalu Dia beritakan kepadamu apa yang telah kamu kerjakan”. (QS al-Jumu’ah, 62:8)

4. Kematian datang secara tiba-tiba.

Baca juga : Tanda-Tanda Kematian Husnul Khotimah, Kenali Cirinya

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan