Bupati Bandung Bermalam di Rumah Panggung Bilik Bambu Pak Tasman

KABUPATEN BANDUNG, JABAR EKSPRES – Bupati Bandung, Dadang Supriatna bersama istrinya Emma Dety Dadang Supriatna lebih memilih rumah pasangan suami istri, Tasman dan Iit untuk tempat menginap atau home stay dalam program Bunga Desa (Bupati Ngamumule Desa) di Kampung Kedaleman, RT 01 RW, 21 Desa Pakutandang, Kecamatan Ciparay, Kabupaten Bandung, Sabtu 20 Januari 2024.

Rumah panggung tersebut diperkirakan sudah berusia puluhan tahun. Kondisinya pun sudah sangat mengkhawatirkan dan sudah tidak layak huni lagi.

Bagian tengah rumah panggung yang biasa digunakan untuk tempat berkumpul keluarga atau para penghuni terbuat dari papan yang sudah termakan usia, sehingga terlihat ada bagian papan yang sudah bolong. Terasnya pun terbuat dari bambu atau lebih dikenal palupuh. Dinding rumahnya terbuat dari bilik bambu dan gypsum. Begitu juga dengan kondisi atapnya terbuat dari bilik bambu.

BACA JUGA: HEBOH! Penemuan Mayat Pelajar Membusuk di Bandung

“Setelah saya bersilaturahmi, Insya Allah saya bersama istri malam ini menginap di rumah Pak Tasman,” kata Bupati Dadang Supriatna dalam keterangannya saat singgah di rumah tersebut, Sabtu (20/1) malam.

Bupati Bandung mengungkapkan, setelah dilihat rumah tersebut hampir sudah berusia 60 tahun. “Rumah ini usianya sudah cukup lama,” bebernya.

Dadang Supriatna mengatakan, jika menggunakan dana dari program rumah tidak layak huni dengan anggaran Rp20 juta, tentunya tidak akan cukup untuk membangun atau rehab rumah tersebut.

“Setelah saya hitung, nanti kita akan bantu lagi dan tambah lagi anggarannya dari bantuan CSR PDAM, sehingga nanti bisa dijadikan rumah yang layak huni. Minimal dibangun dengan kondisi rumah semi permanen,” jelasnya.

BACA JUGA: Kabupaten Bandung Terancam Menyusut, Ada Apa?

Sementara itu, saat singgah di home stay, Emma Dety sempat mengajak sejumlah anak-anak yang ada di lingkungan permukiman Kampung Kedaleman itu untuk berbincang-bincang di sekitar teras rumah warga yang tidak jauh dari rumah Tasman.

Emma Dety memberikan edukasi dan pembinaan kepada anak-anak yang masih sekolah di bangku SD itu untuk patuh dan taat kepada kedua orang tuanya masing-masing.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan