Mercu Buana Mengedukasi UMKM Srengseng Jakarta Barat

JABAR EKSPRES – Kamis (18/1/2024) telah dilaksanakan Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) diikuti kurang lebih 30 pegiat UMKM di Kelurahan Srengseng, Jakarta Barat.

Kegiatan ini juga dihadiri Bapak Risky, selaku perwakilan kelurahan Srengseng. Acara diawali dengan paparan dari Suzan Bernadheta Stephani SE., MM. yang mempresentasikan bagaimana mengembangkan suatu usaha dan senantiasa mengikuti perkembangan tren.

Setiap pelaku usaha akan senantiasa berpikir baik dan berpikir besar untuk mengembangkan usahanya. Menciptakan inovasi, kreatif dalam mencari ide varian produk, meningkatkan layanan pelanggan dan mempertahankan hubungan baik dengan pelanggan untuk mendukung pertumbuhan bisnis.

Harefan Arief SE., MM. mempresentasikan mengenai manfaat kecerdasan buatan atau artificial intelegence untuk umkm & keberlanjutan bisnis.

Dalam era perkembangan teknologi yang terus maju, penggunaan Artificial Intelligence (AI) menjadi semakin penting dan relevan, termasuk bagi usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM). Penerapan penggunaan AI ini salah satunya adalah melalui pemanfaatan ChatGpt untuk Menyusun kampanye iklan secara mudah dan penggunaan pebblely.com untuk mempermudah pembuatan foto atau gambar yang lebih indah.

Dr. Sutanto Wibowo, MM. mempresentasikan mengenai innovasi model pencatatan pembayaran digital dan otomatisasi proses transaksi terkait lembaga keuangan bank pada wilayah umkm dan koperasi syariah.

Materi ini menekankan pada pentingnya penerapan alat bayar non-tunai sebagai alat transaksi yang praktis. Selain itu perlu adanya pembentukan Tim developer yang dibantu project manager untuk mengatur rangkaian waktu (timeline) dan Tahapan yang dimulai dari proses riset, hingga maintenance aplikasi. Setelah mengetahui seperti apa applikasi yang dibutuhkan, kemudian mulai membuat flow chart aplikasi.

Rona Tumiur Mauli Caroline SE., MM. mempresentasikan mengenai digitalisasi pembukuan umkm di kelurahan srengseng jakarta barat. Dalam ini implementasi yang dilakukan adalah melalui aplikasi “Akuntansiku”.

“Akuntansiku” merupakan suatu platform akuntansi yang memungkinkan sejumlah karyawan untuk mengaksesnya dengan hak akses yang ditentukan untuk masing-masing individu. Platform ini menyajikan laporan yang komprehensif sesuai dengan kebutuhan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM).

Selain itu, tersedia pula laporan transaksi yang terperinci beserta jenis-jenis transaksi yang dilakukan. Tujuan utama dari aplikasi ini adalah untuk mempermudah pengelolaan keuangan bisnis. Sistem akuntansi ini, atau disebut juga sebagai aplikasi akuntansi, telah dirancang khusus untuk membantu pembukuan pada UMKM dalam mengelola akun dan menyederhanakan operasi keuangan di dalam suatu organisasi.

Tinggalkan Balasan