Tips Ampuh Membersihkan Lantai Berlumut di Teras Rumah saat Musim Hujan

JABAR EKSPRES – Saat hujan turun dengan sering, lantai rumah sering kali menjadi penderita lumut yang tak diundang. Tentu saja, lantai teras yang diselimuti lumut bukanlah pemandangan yang enak, terutama ketika ada tamu yang datang berkunjung.

Namun, dengan udara lembap dan curah hujan yang tinggi belakangan ini, lumut tumbuh secara alami di berbagai area rumah, termasuk lantai di teras. Bukan hanya mengganggu pemandangan, tetapi lumut juga membuat lantai menjadi licin dan berbahaya bagi yang melewatinya.

Bagi Anda yang ingin membersihkan lantai berlumut di teras rumah, berikut adalah beberapa tips yang mungkin bisa membantu:

1. Gunakan Air Mendidih dan Sikat

Anda dapat membersihkan lantai berlumut di teras rumah dengan menyiram permukaan lantai menggunakan air mendidih. Air mendidih membantu melepaskan lumut dari permukaan lantai. Untuk hasil maksimal, tambahkan beberapa tetes sabun ke dalam air mendidih, ini akan mempermudah proses pembersihan dan mengembalikan keindahan lantai teras dengan lebih cepat dan praktis.

2. Pakai Air dan Cuka

Selain air mendidih, Anda juga bisa membersihkan lumut dengan larutan air dan cuka. Campurkan cuka dan air dalam botol semprot dengan perbandingan yang sama. Semprotkan larutan ini ke area yang terkena lumut dan biarkan selama 15 menit sebelum membersihkannya dengan sikat dek atau sapu taman yang kaku.

3. Gunakan Soda Kue

Baking soda atau soda kue terkenal ampuh dalam menghilangkan noda membandel. Taburkan bubuk soda kue di atas lumut di malam hari, dan keesokan harinya sikat permukaannya dengan bulu sikat yang keras untuk menghilangkan lumut-lumut yang menempel.

4. Pakai Deterjen

Deterjen dan sabun cuci piring juga dapat membantu membersihkan lumut di lantai teras. Sikat lumut yang lepas dari permukaan dan gunakan pisau tumpul untuk mengangkat pertumbuhan dari celah-celahnya. Pastikan untuk memperhatikan tanaman di sekitar agar tidak terkena bahan pembersih.

5. Gunakan Pemutih

Pemutih baju dapat digunakan untuk membasmi lumut membandel di lantai teras rumah. Campurkan air bersih dan pemutih baju dengan perbandingan 4:1, lalu siramkan campuran ini ke seluruh bagian rumah yang berlumut. Sikat hingga bersih untuk hasil yang optimal. Kandungan bahan kimia dalam pemutih baju juga membantu mencegah lumut muncul kembali.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan