Prabowo Gibran Memimpin di Berbagai Media Kampanye

JABAR EKSPRES  – Kampanye Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 sudah berjalan hampir dua bulan. Tampaknya Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka yang cukup unggul di berbagai media kampanye.

Hal itu berdasarkan temuan dari survei yang dilakukan Poltracking Indonesia yang dipublikasikan Jumat (19/01). Selain melakukan survei elektabilitas, Poltracking juga berupaya mengevaluasi kegiatan sosialisasi yang dilakukan para kandidat baik calon presiden maupun calon wakil presiden.

Dalam media pertemuan umum atau tatap muka misalnya, Prabowo Subianto menjadi yang paling unggul dibanding para kandidat lain. Dari 1220 responden, ada 17,2 persen yang pernah melihat Prabowo Subianto. Lalu disusul Anies Baswedan 15,4 persen, Gibran 14,6 persen, Ganjar 14,6 persen, Muhaimin 12,2 persen, dan Mahfud MD 11,6 persen.

Kemudian untuk sosialiasai dengan media kunjungan langsung, Prabowo juga masih unggul dengan nilai 17,8 persen. Namun dalam metode ini, Ganjar juga mulai memepet Prabowo di urutan kedua. “Ini mungkin selaras dengan apa yang sering disampaikan bahwa Ganjar sering nginap di rumah warga,” jelas Direktur Riset Poltracking Indonesia Arya Budi.

Arya melanjutkan, penetrasi darat berikutnya adalah melalui media poster stiker tabloid atau kalender. Dalam aspek ini, Prabowo juga masih unggul dengan skor 54,9 persen. Baru disusul Ganjar 51,0 persen, Gibran 49,1 persen, Anies 47,5 persen, Mahfud MD 44,8 persen dan Muhaimin 43,2 persen.

Kemudian dari sisi media jenis spanduk, baliho, hingga bendera, Prabowo juga masih unggul dengan 75,7 persen. Untuk media koran atau majalah juga masih diungguli oleh Prabowo dengan 18 persen.

Pola yang masih selaras juga nampak di media televisi. Prabowo juga tetap unggul. Nilainya mencapai 77,8 persen. Sementara di urutan kedua ada Ganjar dengan 76,2 persen. Sedangkan Anies ada di urutan ke empat dengan 73,7 persen.

Berikutnya, di ruang media sosial juga masih dirajai pasangan Prabowo-Gibran. Prabowo di urutan pertama dengan 58,9 persen. Kedua adalah Gibran dengan 57,1 persen.

Dominasi paslon nomor urut 02 dalam berbagai media kampanye ini menguatkan hasil survei elektabilitas terbaru. Di mana Prabowo-Gibran unggul dengan elektabilitas 46,7 persen.(son)

Writer: Hendrik Muchlison

Tinggalkan Balasan