Pencipta Lagu Mojang Priangan, Iyar Wiarsih Tutup Usia di Padalarang

JABAR EKSPRES – Pencipta lagu Mojang Priangan, Iyar Wiarsih atau dikenal dengan nama Mamah Iyar, meninggal dunia pada Selasa (15/1/2024).

Mamah Iyat menghembuskan napas terakhir di rumah dukanya di Rancabali, RT 02/RW 02, Desa Kertamulya, Kecamatan Padalarang, Kabupaten Bandung Barat (KBB), pukul 16.15 WIB.

Diketahui, lagu Mojang Priangan yang diciptakan Mamah Iyar itu dinyanyikan oleh Nining Meida, dan populer pada tahun 70-an. Tentu masyarakat khususnya yang tinggal di tanah Sunda, Jawa Barat pasti mengenal dengan lirik lagu tersebut.

Cucu Iyar Wiarsih, Dadang Warman (53) mengatakan, Mamah Iyar sering keluar masuk rumah sakit, dan beberapa kali mendapat perawatan karena penyakit pembengkakan jantung.

“Sebelum meninggal, kondisi beliau memang terus menurun. Selain itu, sakitnya pun sudah lama dan memang karena faktor usia,” kata Dadang di rumah duka.

Pantauan di rumah duka Iyar Wiarsih, jenazah Mamah Iyar sudah berada ditutupi keranda bertudung kain hijau dengan lafaz Lailahaillallah Muhammadurasulullah serta Innalillahi wa innailaihi raajiun.

Nampak beberapa anggota keluarga Mamah Iyar sedang melantunkan ayat suci Al-Qur’an. Di luar rumah sederhana itu, beberapa orang tamu juga masih bercengkrama.

“Rencananya akan dimakamkan Rabu (16/1/2024), di Kampung Gembol, Desa Kertamulya, dekat rumah,” tutup Dadang.

Iyar Wiarsih meninggalkan dua orang anak, enam orang cucu, dan enam orang cicit. Ia terlebih dahulu ditinggalkan suaminya yang meninggal pada tahun 1982 silam. (Wit)

Writer: Suwitno

Tinggalkan Balasan