Hal Penting yang Perlu Diketahui Peserta SBMPTN

JABAR EKSPRES – Seleksi Bersama Masuk Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) merupakan salah satu jalur seleksi masuk perguruan tinggi negeri di Indonesia yang hingga saat ini masih banyak dipilih oleh siswa/siswi yang akan melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi negeri.

SBMPTN dijalankan oleh Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) dan dirancang untuk memberikan kesempatan kepada siswa lulusan Sekolah Menengah Atas (SMA) atau sederajat untuk dapat masuk ke perguruan tinggi negeri. 

Berikut di bawah ini terdapat beberapa hal penting yang perlu diketahui oleh para siswa/siswi yang akan mendaftar SBMPTN:

Hal Penting dalam Pendaftaran SBMPTN

  • Jalur Seleksi

SBMPTN memiliki dua jalur penyeleksian, yaitu jalur Seleksi Prestasi Akademik (SPA) dan Seleksi Prestasi Non-Akademik (SNA).

BACA JUGA: Bocoran Contoh Soal dan Kunci Jawaban UTBK dan SBMPTN 2023 Lengkap

  • Pendaftaran dan Biaya

Peserta SBMPTN perlu melakukan pendaftaran secara online melalui situs resmi LTMPT.

  • Syarat Peserta

Peserta SBMPTN merupakan lulusan SMA atau sederajat yang telah memiliki ijazah atau surat keterangan lulus. 

  • Jadwal dan Pelaksanaan

Program seleksi ini diadakan setiap tahun sesuai dengan jadwal yang ditentukan oleh LTMPT. Oleh sebab itu tiap peserta perlu memperhatikan jadwal pendaftaran, ujian, dan pengumuman hasil.

  • Materi Ujian

Materi ujian untuk seleksi ini menggunakan mata pelajaran yang diujikan di SMA, seperti Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, dan lainnya.

  • Pilihan Program Studi dan Perguruan Tinggi

Tiap peserta seleksi dapat memilih program studi dan perguruan tinggi yang diinginkan, pastikan peserta mempertimbangkan minat, potensi, dan persyaratan dari program studi yang dipilih. 

BACA JUGA: 10 Tips Lolos UTBK SBMPTN 2023 dengan Mudah Lancar dari Mulai Persiapan

  • Hasil dan Seleksi Lanjutan

Hasil SBMPTN diumumkan secara daring, peserta yang lolos SBMPTN akan menjalani beberapa seleksi lanjutan. 

  • Persiapan Ujian

Peserta disarankan untuk mempersiapkan diri dengan baik, termasuk mengikuti bimbingan belajar dan ujian simulasi program seleksi ini. 

  • Kebijakan dan Aturan

Peserta SBMPTN perlu memahami kebijakan dan aturan yang berlaku selama proses seleksi, seperti langkah-langkah pendaftaran dan pelaksanaan.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan