Cek di Sini! Penerima Bansos BNPT dan PKH Januari 2024, Cair?

JABAR EKSPRES- Cek di sini penerima Bansos BNPT dan PKH pada bulan Januari 2024. Sudah cair? Untuk mengetahui informasinya simak saja penjelasannya di bawah ini.

Bantuan sosial (Bansos) adalah agenda pemerintah yang bertujuan memberikan dukungan kepada masyarakat yang membutuhkan, terutama kepada keluarga kurang sejahtera. Pada tahun 2024, pemerintah tetap melanjutkan program Bansos, dengan dua di antaranya yang dijadwalkan untuk dicairkan pada bulan Januari 2024, yaitu Bansos BNPT dan PKH. Berikut ini adalah informasi mengenai kedua program tersebut dan petunjuk untuk memeriksa daftar penerima.

Program Bansos BNPT 2024 tetap dijalankan dengan pencairan setiap dua bulan sepanjang tahun 2024. Penerima bantuan akan menerima uang tunai sejumlah Rp 200.000 per bulan. Dalam setahun, ada enam tahap penyaluran, dan setiap tahap memberikan bantuan sebesar Rp 400.000.

Sementara itu, program Bansos PKH 2024 merupakan bantuan sosial untuk keluarga miskin. Penyaluran dilakukan dalam empat tahap selama setahun, yaitu pada Januari-Maret, April-Juni, Juli-September, dan Oktober-Desember.

 

Berikut adalah cara untuk memeriksa daftar penerima Bansos BNPT dan PKH:

Melalui Website

-Kunjungi laman cekbansos.kemensos.go.id.

-Isi data wilayah penerima, seperti provinsi, kabupaten, kecamatan, dan desa atau kelurahan.

-Input nama sesuai dengan data KTP.

-Isikan empat huruf kode yang tertera pada kotak.

-Klik tombol “Cari Data”.

 

Baca juga: Bansos BLT Diperpanjang hingga Juni 2024, ini 4 Fakta Menarik yang Perlu Diketahui

Baca juga: Cek Penerima Bansos PKH dan BNPT yang Cair Awal Tahun 2024

 

Melalui Aplikasi

-Unduh Aplikasi resmi “Cek Bansos” dari Kemensos.

-Buat akun baru dan lengkapi data diri, seperti Nomor Kartu Keluarga (KK), Nomor Induk -Kependudukan (NIK), dan alamat sesuai KTP.

-Sertakan swafoto dan foto KTP.

-Klik “Buat Akun Baru”. Data akan diverifikasi oleh aplikasi Kemensos.

-Setelah verifikasi, klik “Log In” dan masukkan username serta kata sandi yang telah dibuat.

-Pilih “Cari Data”.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat memeriksa dengan mudah apakah Anda atau keluarga Anda terdaftar sebagai penerima Bansos BNPT dan PKH pada tahun 2024. Pastikan untuk menginput data dengan akurat agar proses verifikasi berjalan lancar. Selamat memanfaatkan bantuan sosial yang disediakan oleh pemerintah untuk meningkatkan kesejahteraan keluarga.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan