Bersiap Daftar Kartu Prakerja 2024! Ini Caranya

JABAR EKSPRES – Pemerintah akan membuka kembali program Kartu Prakerja pada 2024. Pendaftaran dapat dilakukan melalui laman www.prakerja.go.id, seperti tahun sebelumnya.

Namun, pemerintah belum mengumumkan jadwal pendaftaran dan skema pembukaan Kartu Prakerja 2024. Meskipun begitu, masyarakat sudah dapat membuat akun kartu prakerja sebagai persiapan.

Tidak ada informasi pasti mengenai kapan pembukaan gelombang pertama akan dilakukan, namun pendaftaran Kartu Prakerja 2024 sudah dibuka.

Bagi yang ingin bergabung dalam program Kartu Prakerja bisa mengikuti langkah-langkah berikut.

Baca Juga: Daftar Kartu Prakerja 2024, Simak Cara, Syarat dan Tanggal Dibuka

Cara Daftar Akun Karu Prakerja 2024

1. Silakan akses laman www.prakerja.go.id, lalu klik menu ‘Daftar Sekarang’, selanjutnya kamu harus mengisi email dan password.

2. Jika sudah mendaftar maka akan ada pesan masuk ke dalam email untuk diverifikasi.

3. Selanjutnya masuk menggunakan akun yang telah didaftarkan.

4. Selanjutnya, lengkapi data diri dan pastikan data yang dimasukkan sudah benar. Verifikasi dilakukan dengan mengunggah foto e-KTP dan memindai wajah peserta. Selain itu, peserta juga harus menjawab beberapa pertanyaan terkait alasan mengikuti kartu prakerja serta minat dan keterampilan yang ingin dilatih.

Setelah membuat akun, peserta dapat mengklik “Gelombang” yang tersedia di dashboard kartu prakerja untuk mendaftar. Peserta akan menerima notifikasi kelulusan melalui SMS dan email setelah penutupan gelombang. Jika belum lulus, peserta dapat mencoba mengikuti gelombang berikutnya tanpa perlu membuat akun kartu prakerja lagi.

Manfaat Kartu Prakerja

Kartu prakerja membawa berbagai manfaat, di antaranya adalah kesempatan untuk mengikuti seleksi kartu prakerja, akses gratis untuk belajar mandiri di program TalentaAIIndonesia dengan topik AI, Data, atau Cybersecurity, kesempatan mendapatkan beasiswa Microsoft Certification senilai $100 , pelatihan gratis dan murah di festival pelatihan bulanan IndonesiaSkillsWeek, serta akses ke rekomendasi pekerjaan dari platform kerja seperti Pintarnya, Jobstreet, Karir.com, dan TopKarir.

Sebelum mendaftar, pastikan memenuhi persyaratan sebagai berikut. Warga negara Indonesia berusia 18 tahun ke atas, tidak sedang menempuh pendidikan formal, sedang mencari pekerjaan atau telah mengalami PHK, bukan penerima bantuan sosial lain selama masa pandemi Covid-19, bukan pejabat negara atau anggota DPRD, ASN, TNI, Polri, kepala desa atau perangkat desa, dan direksi/komisaris/dewan pengawas di BUMN atau BUMD. Satu Kartu Prakerja hanya bisa diwakilkan maksimal oleh dua NIK dalam satu KK.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan