Dapat Memperbaiki Mood, Ketahui Manfaat Lain Tidur Siang

JABAR EKSPRES – Tidur siang atau yang dikenal juga sebagai power nap merupakan suatu kegiatan yang dapat memberikan beberapa manfaat positif bagi kesehatan dan kinerja seseorang.

Perlu diketahui bahwa meskipun tidur siang memiliki beberapa manfaat, penting untuk diingat bahwa durasi tidur siang yang optimal biasanya berkisar antara 10-20 menit saja, karena waktu tidur siang yang terlalu lama dapat mengakibatkan rasa kantuk dan sulit tidur di malam hari. Selain itu, setiap orang memiliki kebutuhan tidur yang berbeda, jadi manfaat tidur siang dapat bervariasi pada tiap individu. 

Manfaat Tidur Siang

Ketahui beberapa manfaat yang dapat dirasakan dari tidur siang: 

  • Meningkatkan Kewaspadaan dan Konsentrasi

Tidur di siang hari dapat membantu dalam meningkatkan tingkat kewaspadaan dan konsentrasi.

  • Memperbaiki Mood

Tidur siang yang cukup dapat membantu mengurangi kelelahan dan stres, yang pada gilirannya dapat meningkatkan mood dan kesejahteraan psikologis. 

BACA JUGA: 10 Tips Mengatasi Insomnia, Perbaiki Masalah Tidurmu!

  • Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Manfaat dari tidur di siang hari dengan waktu yang singkat dapat memberikan dukungan terhadap sistem kekebalan tubuh, membantu melawan penyakit dan infeksi..

  • Mengurangi Kelelahan Fisik

Tidur siang dapat membantu mengurangi kelelahan fisik dan meningkatkan energi, memberikan dorongan tambahan untuk melanjutkan aktivitas sepanjang hari.

  • Memperbaiki Kesehatan Jantung

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa tidur siang yang teratur dapat berkontribusi pada penurunan risiko penyakit jantung. 

BACA JUGA: 4 Cara Tidur Nyenyak, Untuk yang Overthinking di Malam Hari!

  • Mengurangi Risiko Kecelakaan

Kekurangan tidur dapat meningkatkan risiko kecelakaan. Tidur siang dapat membantu mengurangi tingkat kelelahan dan memperbaiki kewaspadaan, yang dapat mengurangi risiko kecelakaan.

  • Meningkatkan Produktivitas

Tidur siang dapat pmemulihkan energi tubuh yang dapat meningkatkan produktivitas dan kinerja sepanjang hari. 

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan