Tips Ampuh Agar Tembok Rumah Tetap Keren Meski Hujan Besar

JABAR EKSPRES – Hujan yang tak kunjung reda belakangan ini telah meningkatkan kelembapan udara, menciptakan lingkungan yang ideal bagi pertumbuhan jamur, terutama pada tembok rumah. Tidak hanya merusak estetika rumah, tetapi pertumbuhan jamur juga dapat berdampak negatif pada kesehatan. Bagaimana sebenarnya cara mengatasi tembok berjamur akibat hujan?

Jamur yang tumbuh di tembok rumah dapat memiliki berbagai warna, mulai dari kehitaman, hijau, cokelat, hingga putih. Tidak hanya menjadi masalah visual, pertumbuhan jamur pada tembok dapat menyebabkan dampak serius pada kesehatan. Ketika pertumbuhannya tidak terlalu masif, Anda masih dapat mengatasi masalah ini sendiri. Namun, jika pertumbuhannya sudah cukup parah, bantuan profesional mungkin diperlukan.

Penyebab Jamur Tumbuh di Tembok Rumah

Menurut Medical News Today, jamur menghasilkan spora yang menyebar melalui udara. Spora ini dapat masuk ke dalam rumah melalui udara atau menempel pada benda dan orang. Kelembapan udara yang tinggi menjadi kondisi ideal bagi pertumbuhan jamur, dan kebocoran atau banjir dapat memicu pertumbuhan jamur pada dinding rumah.

Baca Juga: 6 Makanan Penambah Darah yang Dapat Tingkatkan Kadar Hemoglobin

Cara Mengatasi Tembok Berjamur Akibat Hujan

Melansir The Spruce, berikut adalah cara sederhana untuk mengatasi tembok berjamur karena hujan. Yang Anda butuhkan adalah sabun cuci piring, cairan pemutih klorin, botol semprot, dan spons.

Langkah-langkah:

1. Gunakan Alat Pelindung

Sebelum memulai proses pembersihan, pastikan untuk menggunakan alat pelindung seperti sarung tangan, masker, dan kacamata pelindung.

2. Tingkatkan Sirkulasi Udara di Ruangan

Pastikan sirkulasi udara lebih lancar selama proses pembersihan dengan membuka jendela atau menggunakan kipas.

3. Campurkan Larutan Pembersih

Campurkan sabun cuci piring, cairan pemutih, dan air dalam wadah plastik atau ember. Takarannya dapat disesuaikan dengan jumlah jamur yang ingin dibersihkan.

4. Oleskan Larutan Pembersih

Gunakan botol semprot dan spons untuk mengaplikasikan larutan pembersih ke area dinding yang berjamur. Bersihkan dari bawah ke atas untuk mencegah penyebaran spora.

5. Keringkan Dinding

Biarkan dinding mengering dengan sendirinya setelah proses pembersihan. Tidak perlu menyeka dinding yang basah oleh larutan.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan