Kolaborasi TNI AD Bersih-besih Sungai Ciroas, Hingga Tanam Seribu Pohon di Kebun Lapas Banjar

JABAR EKSPRES – Kodim 0613/Ciamis bersama Polri, Pemkot Banjar, BBWS Citanduy, dan masyarakat melaksanakan karya bakti pembersihan sampah di kawasan Pasar Banjar, Lingkungan Jadimulya, Kelurahan Hegarsari, Kecamatan Pataruman, Kota Banjar, Senin 15 Januari 2024.

Bersih-bersih yang meliputi area Sungai Ciroas ini untuk menjaga lingkungan agar tetap asri dan indah. Selian itu menjaga kondisi sungai tetap normal saat musim hujan.

Karya bakti pembersihan sampah dalam rangka menjaga lingkungan ini dipimpin langsung oleh Dandim 013/Ciamis Letkol Inf Wahyu Alfiyan Arisandi, Sekretaris Daerah Kota Banjar Dr H Soni Harison, Kapolres Banjar AKBP Danny Yulianto, dan unsur Forkopimda Kota Banjar.

BACA JUGA: Ngeri! Napi di Lapas Banjar Punya Pistol dan 13 Amunisi Tajam di Dalam Sel Tahanan

Letkol Wahyu menyampaikan, kegiatan ini bagian dari wujud nyata TNI AD manunggal bersama rakyat. Yaitu dengan bakti sosial kemasyarakatan bersama Pemerintah, Polri dan stakeholder terkait untuk menjaga lingkungan sekitar tempat tinggal.

“Kita bersihkan sampah di kawasan Pasar Banjar dan Sungai Ciroas. Ini terlihat biasa, tetapi sudah jarang karena pergeseran dinamika kepedulian terhadap lingkungan. Kepedulian terhadap lingkungan kurang karena kita sibuk dengan dunia masing-masing,” kata Letkol Inf Wahyu AR.

Ia menuturkan karya bakti kemasyarakatan ini merupakan hal biasa tetapi penting. Karena akan berdampak terhadap lingkungan dan menghindari penyakit yang bisa menyerang masyarakat.

“Saya mengajak seluruh stakeholder dan masyarakat untuk bisa menghidupkan kembali budaya warisan bangsa Indonesia yaitu gotong royong. Salah satunya dengan aktif peduli menjaga lingkungan tetap asri dan indah,” ujarnya.

“Mari kita galakan lagi untuk kepedulian kita terhadap lingkungan. Kalau bukan kita siapa lagi, kalau tidak sekarang kapan lagi. Lingkungan itu yang buat baik adalah manusia itu sendiri. Ketika kita rajin merawat lingkungan tentunya akan memberikan dampak positif untuk kitanya juga,” kata Letkol Wahyu, menambahkan.

Tak hanya membersihkan lingkungan dari sampah, pihaknya juga melaksanakan penanaman pohon di kawasan perbukitan Lapas Kelas IIB Banjar. Seribu tanaman berbagai jenis ditanam di kawasan Lapas dan wilayah teritorial Kodim 0613/Ciamis.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan