HYBE Desak The Camp Berhenti Gunakan Nama dan Foto Member BTS Tanpa Izin

JABAR EKSPRES – Sejak keputusan seluruh member BTS menjalani wajib militer, muncul kontroversi terkait penggunaan nama dan foto mereka di aplikasi The Camp, yang sebenarnya dikembangkan untuk mengirim surat kepada mereka yang sedang menjalani tugas militer. HYBE, agensi yang menaungi BTS, mengeluarkan pernyataan resmi pada Kamis (11/1) bahwa The Camp telah melanggar hak publisitas dengan menggunakan nama dan gambar para member tanpa izin.

Korea JoongAng Daily melaporkan bahwa The Camp, dalam unggahan untuk komunitas di aplikasi tersebut, menggunakan kata “resmi,” yang dapat menyesatkan penggemar dan membuat mereka mengira itu adalah komunikasi resmi dari agensi. HYBE menegaskan bahwa BTS sudah memiliki platform komunitas penggemar resmi mereka sendiri, yaitu Weverse, dan bahwa komunitas di The Camp bukanlah resmi.

Baca Juga: Maya Lopez, Superhero Disabilitas Tuli Pertama pada Serial Marvel Echo

Dalam pernyataan kepada operator The Camp, HYBE menyuarakan ketidakpuasan mereka terhadap pelanggaran hak publisitas, termasuk penggunaan nama boy group tanpa izin. Setelah pernyataan resmi tersebut, The Camp cepat tanggap dengan menghapus nama BTS dan kata “official” dari komunitas di aplikasi mereka. Mereka juga menambahkan pernyataan “Ini bukan akun resmi BigHit Music” di nama komunitas tersebut.

Sebelumnya, The Camp juga menuai kontroversi dengan menjual boneka yang dilengkapi dengan badge berisi nama asli ketujuh member BTS di platform e-commerce mereka, The Camp Mall. Harga satu boneka mencapai 56 ribu won atau sekitar Rp663 ribu. Namun, produk ini kemudian ditarik dari penjualan karena dianggap melanggar hak kepribadian nama member.

HYBE tidak berencana berhenti pada pernyataan resmi saja. Mereka menyatakan akan terus memantau segala aktivitas yang menggunakan nama BTS atau para member tanpa izin, serta mengambil tindakan tegas terhadap pelanggar hak publisitas. Agensi ini juga berkomitmen untuk memperkuat sistem pemantauan mereka.

Baca Juga: Ketahui Senarsis Apa Kamu, dengan Mengikuti Tes Online Ini

Sejak seluruh member BTS menjalani wajib militer, The Camp aktif mengunggah foto-foto mereka, termasuk saat pelatihan dasar militer. Salah satu foto yang diunggah pada akhir Desember 2023 menampilkan RM dan V bersama anggota militer lainnya. Keduanya terlihat gagah dalam seragam dinas lapangan berwarna hijau dengan corak cokelat dan hitam.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan