Braga Bandung Diterjang Banjir, Puluhan Rumah Warga Terendam

JABAR EKSPRES – Banjir melanda Kelurahan Braga, Kecamatan Sumurbandung, Jawa Barat. Banjir setinggi satu meter lebih lebih ini disebabkan oleh meluapnya Sungai Cikapundung akibat hujan deras yang mengguyur wilayah tersebut pada sore hari pukul 17.00 WIB.

Gun Gun Sumaryana selaku Kepala Dinas Kebakaran dan Penanggulangan Bencana Kota Bandung mencatat, banjir telah merendam puluhan rumah warga Kelurahan Braga. Banjir ini juga menyebabkan sejumlah warga harus mengungsi ke tempat yang lebih aman.

“Tadi jam 17.00 WIB kami menerima laporan bahwa Braga terjadi banjir yang cukup besar dan otomatis ini ditindaklanjuti oleh teman-teman dari Dinas Kebakaran dan Penanggulangan Bencana Kota Bandung,” ungkap Gun Gun, Kamis (11/1/2024), dikutip dari Antara News.

BACA JUGA: Jalan Braga Bandung Kembali Dibuka Setelah Diterjang Banjir

Untuk menjaga keselamatan warga, Gun Gun mengatakan bahwa sebagian warga telah dipindahkan ke sebuah Aula. Ia juga menjelaskan bahwa pihaknya telah menyediakan bantuan makanan dan minuman untuk memenuhi kebutuhan warga di Aula tersebut.

“Sementara kita tempatkan di Aula dan nanti apakah itu benar mengungsi atau tidak nanti hasil pendataan kita sampaikan,” jelasnya, dikutip dari Antara News.

Hingga saat ini, Dinas Kebakaran dan Penanggulangan Bencana Kota Bandung masih melakukan inspeksi terhadap rumah-rumah yang terendam banjir akibat meluapnya Sungai Cikapundung. Hal ini dilakukan untuk memastikan tidak ada warga yang terjebak di dalam rumah yang terdampak banjir.

“Jadi, memang saat ini kita masih melakukan pengecekan apakah ada warga yang terdampak. Mudah-mudahan tidak ada yang korban meninggal dunia,” ujarnya, dikutip dari Antara News.

BACA JUGA: Akibat Banjir, Puluhan Hektare Sawah di Cijulang Sukabumi Gagal Tanam

Untuk mempercepat penanganan banjir, Dinas Kebakaran dan Penanggulangan Bencana Kota Bandung berkoordinasi dengan Dinas Perhubungan Kota Bandung untuk menutup Jalan Braga dari kendaraan roda dua hingga kendaraan roda empat.

“Kalau misalkan sekarang banyak masyarakat sampai tidak ditutup jalan, akhirnya banyak kerumunan dan kita akan sulit untuk melakukan evakuasi,” ungkapnya, dikutip dari Antara News.

Hingga saat ini, Dinas Kebakaran dan Penanggulangan Bencana Kota Bandung belum memberikan informasi terbaru mengenai bencana banjir yang terjadi di Kelurahan Braga. (mg/winda)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan