Luapan Air dari Saluran Drainase Sebabkan Kemacetan Parah di Cimahi

JABAR EKSPRES – Banjir besar kembali menghantam Kota Cimahi, merendam sejumlah wilayah termasuk ruas jalan di Jalan Lurah Kelurahan Karangmekar, Kecamatan Cimahi Tengah pada Kamis, 11 Januari 2023. Akibatnya, terjadi kemacetan lalu lintas karena luapan air dari saluran drainase yang meluap ke jalan tersebut.

Ramdhani, seorang penduduk Kelurahan Karangmekar, menjadi saksi peristiwa banjir di Jalan Lurah. Menurutnya, banjir terjadi ketika hujan turun dengan intensitas tinggi, menyebabkan meluapnya saluran air.

“Waktu hujan (deras) saluran air ini meluap, karena ada yang tersumbat sama sampah. Meluber lah ke jalan,” ucapnya pria 22 tahun tersebut pada Jabar Ekspres.

BACA JUGA: Banjir Bandang Disertai Lumpur Terjang Pemukiman Warga Desa Suntenjaya Lembang

Ramdhani mengatakan, debit air yang deras dan saluran air yang kecil hampir sepenuhnya menutupi Jalan Lurah. Ia menganalogikan, air datang seperti ombak dengan cepat dan tiba-tiba.

“Drainase nya kecil, saya kaget tiba-tiba air meluap kaya ombak besar gitu,” ungkap Ramdhani.

BACA JUGA: VIRAL! Banjir Lumpur di Curug Batu Templek Cimenyan Bandung, Begini Kondisinya

Hingga saat ini, Jalan Lurah masih terjebak dalam kemacetan yang parah akibat dampak banjir di daerah tersebut.

Aliran air yang meluap berasal dari sumber di hulu, kemungkinan berasal dari jalan nasional. Keberadaan Jalan Lurah di posisi yang lebih rendah atau landai menyebabkan arus air tetap kuat, mengakibatkan terjadinya kemacetan. (Mong)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan