ETF bitcoin AS Pengubah Permainan untuk Kripto

JABAR EKSPRES – Komisi Sekuritas dan Bursa Amerika Serikat (SEC) telah menyetujui dana yang diperdagangkan di bursa (ETF) yang melacak harga bitcoin. Ini merupakan perubahan besar bagi industri mata uang digital yang telah mencoba meluncurkan produk semacam ini selama lebih dari satu dekade. Beberapa manajer aset telah mengajukan ETF bitcoin sejak 2013, tetapi SEC menolaknya karena alasan manipulasi pasar.

Namun, pengadilan menganggap SEC salah dalam menolak aplikasi ETF bitcoin Grayscale Investments pada bulan Agustus, yang membuat agensi tersebut harus memikirkan kembali pendiriannya. Pada hari Rabu, SEC menyetujui aplikasi dari ARK Investments, BlackRock, dan Fidelity. ETF ini akan terdaftar di Nasdaq, NYSE, dan CBOE, dan asetnya akan terdiri dari bitcoin fisik yang dibeli dari bursa kripto dan disimpan melalui kustodian seperti Coinbase Global.

Untuk mengatasi kekhawatiran manipulasi, Nasdaq dan CBOE telah membuat mekanisme pengawasan pasar dengan bursa Coinbase. Biaya yang dikenakan oleh penerbit ETF bitcoin ini akan lebih rendah daripada rata-rata pasar ETF pada umumnya, berkisar antara 0,20% hingga 0,8%.

Baca Juga: Mengenal Aplikasi Investasi Smart Wallet yang Diduga Penipuan

Apakah Berbeda dengan Membeli Bitcoin Secara Langsung?

ETF bitcoin spot adalah cara bagi investor untuk mendapatkan eksposur terhadap harga bitcoin tanpa perlu memiliki bitcoin secara langsung. Ini menghilangkan kerumitan dan risiko yang terkait dengan menyimpan dan mengamankan bitcoin.

Industri ini telah mengalami beberapa kebangkrutan dan skandal, seperti runtuhnya bursa kripto FTX dan tuntutan hukum terhadap beberapa pertukaran kripto. Binance, pertukaran kripto terbesar di dunia, baru-baru ini mengaku bersalah atas pelanggaran hukum anti pencucian uang AS.

Semua ini membuat banyak investor menjadi waspada. ETF bitcoin spot, di sisi lain, diatur dengan ketat dan dapat diakses melalui akun pialang investor ritel yang sudah ada.

Hal ini juga meningkatkan aksesibilitas bitcoin untuk investor institusional yang biasanya dilarang berinvestasi secara langsung pada aset alternatif. Dengan demikian, ETF bitcoin spot menjadi alternatif yang lebih aman dan mudah bagi investor yang ingin mendapatkan eksposur terhadap harga bitcoin.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan