Sudah Dapat Bansos 2024? Ada 5 Bantuan Sosial yang Dibagikan

JABAR EKSPRES – Pemerintah Indonesia akan menyalurkan lima jenis bantuan sosial (bansos) 2024 kepada masyarakat yang membutuhkan. Untuk menentukan jenis bantuan yang akan diterima, para penerima bantuan harus terlebih dahulu mengecek data diri Anda di situs Kementerian Sosial (Kemensos).

Lima jenis bansos 2024 yang akan cair antara lain Bantuan Langsung Tunai (BLT) El Nino, Bansos Beras, Program Keluarga Harapan (PKH), Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT), dan Program Indonesia Pintar (PIP).

Bantuan Langsung Tunai (BLT) El Nino ditujukan untuk meringankan dampak musim kemarau yang berkepanjangan dan akan diberikan kepada 18,8 juta Keluarga Penerima Manfaat (KPM).

Setiap keluarga akan menerima Rp 400.000 dalam bentuk tunai untuk membantu meningkatkan daya beli . Bantuan Sosial Beras akan terus mendistribusikan 10 kilogram beras kepada keluarga yang memenuhi syarat dari Januari hingga Maret 2024.

Baca Juga: Inilah 4 Bansos 2024 yang Mulai Cair Januari

Program Keluarga Harapan (PKH) juga akan didistribusikan sepanjang tahun dalam empat tahap, dengan jumlah bantuan yang berbeda untuk berbagai kelompok, termasuk balita, ibu hamil, anak sekolah, lansia, dan penyandang disabilitas.

Bantuan Pangan Non-Tunai (BPNT) akan memberikan bantuan kepada keluarga yang berada pada 25% ekonomi terbawah melalui kartu keluarga sejahtera. Meskipun bantuan ini disebut nontunai, penerima masih akan menerima uang tunai sebesar Rp 200.000 per bulan.

Bantuan ini ditujukan untuk meningkatkan gizi dengan memungkinkan keluarga untuk membeli kebutuhan dasar. Terakhir, Program Indonesia Pintar (PIP) akan memberikan bantuan kepada 18,59 juta siswa SD, SMP, SMA dan SMK.

Bantuan untuk siswa SMA/SMK akan meningkat dari Rp 1.000.000 di tahun 2023 menjadi Rp 1.800.000 di tahun 2024. Berbagai kategori siswa berhak menerima PIP, termasuk mereka yang berasal dari keluarga berpenghasilan rendah, yatim piatu, mereka yang terkena dampak bencana alam, dan mereka yang berisiko putus sekolah.

Cara Cek Bansos 2024

Untuk mengecek status bansos 2024, para penerima dapat mengunjungi laman pengecekan bantuan sosial Kementerian Sosial. Kemudian perlu memberikan data lokasi dan nama penerima untuk mengakses informasi.

Dengan mengikuti langkah-langkah yang diuraikan di situs web tersebut, penerima manfaat dapat dengan mudah memeriksa apakah telah memenuhi syarat untuk mendapatkan bantuan sosial dan melihat ringkasan data bantuan.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan