Penanganan yang Tepat Pada Ban Bocor Saat Perjalanan

Periksa bagian ban yang kempes, cek area mana yang menjadi sumber penyebab kebocoran. Jika tekanan angin hanya berkurang sedikit, kemungkinan ban kempes disebabkan oleh bocoran halus. Ini bisa disebabkan oleh ban yang telah rusak karena usia pakai, yang biasanya ditandai dengan alur ban yang sudah aus atau mengalami keretakan di pinggiran ban.

Dan jika kondisi ban kempes sampai udara di dalamnya habis, periksa area mana yang menjadi sumber kebocoran. Jika disebabkan oleh paku atau benda tajam, usahakan untuk tidak mencabutnya, namun tandai saja untuk memberikan informasi kepada teknisi saat memperbaikinya.

Namun, bagi mereka yang masih menggunakan ban model tube tire, disarankan untuk mencabut paku atau benda tajam karena jika dibiarkan, hal tersebut dapat menyebabkan kerusakan yang lebih parah pada bagian ban dalam.

Langkah selanjutnya adalah mencari bengkel atau tempat tambal ban terdekat. Anda bisa bertanya kepada warga sekitar atau menggunakan teknologi seperti fitur navigasi GPS pada smartphone. Bagi pengguna sepeda motor, disarankan untuk mencari bengkel atau tempat tambal ban khusus sepeda motor; hindari tempat tambal ban mobil atau truk karena prosedurnya biasanya berbeda.

“Selama mencari bengkel atau tempat tambal ban, sebaiknya hindari mengendarai sepeda motor. Mengemudi dengan ban bocor atau kempes dapat menyebabkan kerusakan lebih besar pada komponen ban dan velg. Jika terdapat bengkel atau tempat tambal ban yang menyediakan fasilitas dan layanan penjemputan, sebaiknya memanfaatkan fasilitas tersebut,” ujar Ade.

Baca Juga: Jadwal Film 13 Bom di Jakarta Hari Ini di Bioskop Bandung, Ancaman di Ibu Kota!

DAM menyediakan fasilitas layanan Customer Assistance Road Emergency (Honda CARE) yang siap membantu konsumen sepeda motor Honda yang mengalami kendala, seperti mogok, ban kempes, atau masalah lainnya.

Konsumen dapat menghubungi nomor kontak layanan Honda CARE di nomor telepon 1 500 989 atau (022) 605 1000. Pelayanan Honda CARE beroperasi mulai Pukul 08:00 WIB hingga 16:00 WIB. Layanan ini didukung oleh mekanik yang handal dan berpengalaman. Honda CARE melayani radius wilayah hingga 3-5 km dari posisi AHASS terdekat yang memiliki armada Honda CARE.

Tinggalkan Balasan