Banjir Bandang Terjang Desa Sukapura Bandung

JABAR EKSPRES – Banjir bandang terjadi di Kampung Pacet, Desa Sukapura, Kecamatan Kertasari, Kabupaten Bandung akibat hujan deras yang mengguyur Selasa, 9 Januari 2024 sore.

Akibat banjir bandang ini, beberapa rumah warga terdampak, bahkan terlihat beberapa warga sedang berusaha menyelamatkan beberapa barang berharganya.

Tak hanya itu, terlihat juga di rumah warga aliran sungai sangat deras, bahkan menurut informasi yang beredar air tersebut bercampur dengan lumpur.

Ketua Unit Cegah Siaga (UCS) Kecamatan Kertasari, Deden Saputra mengatakan jika banjir bandang yang terjadi di Kertasari ini sudah dua kali.

“Iyah, banjir bandang sudah terjadi dua hari ini, kemarin dari jam 5 sampai lewat maghrib, dan hari ini terjadi lagi dari jam 15.30 sampai sekarang,” ujar Deden saat dihubungi.

BACA JUGA: Rawan Bencana, Kota Bandung Darurat BPBD

Deden menjelaskan, jika banjir bandang yang menerjang Kertasari ini akibat hujan deras, ditambah sudah gundulnya hutan sehingga penahan air langsung masuk ke pemukiman warga.

“Jadi memang terjadi saat hujan deras. Terus di leuweungnya sekarang mah sudah habis yang kebun kina itu. Penahan airnya sudah tidak ada, otomatis air meluap ke jalan raya,” jelasnya.

Deden menambahkan, akibat dari kejadian ini beberapa rumah warga pun ikut terdampak, namun tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini.

“Kalau jumlah rumah yang terdampak masih assessment. Gak ada korban jiwa. Terus gak ada kerusakan, cuma air aja masuk ke dalam rumah,” tuturnya.

Tidak hanya rumah warga saja yang terdampak, kata dia, ada beberapa pengendara motor yang melintas terjatuh akibat derasnya air tersebut.

BACA JUGA: Masuki Musim Hujan, Wisatawan ke Kabupaten Bandung Diimbau Lebih Prepare

“Pas kejadian ada beberapa motor yang jatuh,” ucapnya.

Deden menyebut, kejadian banjir bandang ini memang sering terjadi, bahkan dalam satu minggu khususnya di musim penghujan di desanya ini sudah 3 kali terjadi banjir bandang.

“Warga juga sekarang was was aja kalau terjadi hujan. Saya juga ini di depan rumah udah siap aja we karung buat nahan air,” ungkapnya

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan