Miliki Pendapatan Stabil, Ketahui Keuntungan dan Risiko Saham Defensif

JABAR EKSPRES – Saham defensif mengacu pada jenis saham dari perusahaan-perusahaan yang menawarkan barang atau layanan yang dianggap sebagai kebutuhan dasar, di mana biasa memiliki permintaan yang stabil bahkan dalam kondisi ekonomi yang buruk. Jenis saham ini cenderung lebih tahan terhadap fluktuasi pasar karena mereka beroperasi di industri yang kurang terpengaruh oleh siklus ekonomi yang sedang turun.

Jenis saham ini biasanya dianggap sebagai pilihan yang lebih aman dalam mencari stabilitas dalam portofolio para investor. Namun, perlu diketahui juga bahwa jenis saham ini memiliki risiko yang harus dipertimbangkan sebelum membuat keputusan investasi.

Ketahui apa saja keuntungan dan risiko dari penggunaan saham defensif, berikut di antaranya:

Keuntungan Saham Defensif

  • Stabilitas Pendapatan

Perusahaan defensive stock beroperasi dalam industri yang menawarkan produk atau layanan yang menjadi kebutuhan dasar, seperti makanan, perawatan kesehatan, atau berbagai produk yang memiliki manfaat. Permintaan barang pada perusahaan ini cenderung tetap stabil bahkan dalam kondisi ekonomi yang tidak stabil.

BACA JUGA: Digunakan Perusahaan Mapan, Ketahui Keuntungan dan Risiko Saham Blue Chip

  • Resistensi terhadap Fluktuasi Pasar

Saham defensif cukup kurang terpengaruh oleh fluktuasi pasar atau gejolak ekonomi jika dibandingkan dengan jenis saham dari industri lain yang sensitif terhadap perubahan siklus ekonomi.

  • Pendapatan Dividen yang Konsisten

Banyak perusahaan defensive stock yang memiliki kebijakan dalam melakukan pembayaran dividen yang konsisten. Kebijakan ini cukup menarik bagi investor yang mencari pendapatan pasif stabil.

  • Kepercayaan Investor

Jenis saham ini sering menjadi pilihan bagi investor yang mencari perlindungan atau stabilitas dalam portofolio investasi yang mereka miliki, terutama selama periode ketidakpastian ekonomi.

Risiko Saham Defensif

  • Keterbatasan Pertumbuhan yang Cepat

Perusahaan defensive stock lebih menawarkan pertumbuhan yang lebih lambat jika dibandingkan dengan perusahaan dari industri lain yang lebih berkembang atau inovatif.

BACA JUGA: Sering Digunakan pada Perusahaan, Ketahui Keuntungan dan Risiko Jenis Saham Divi

  • Valuasi yang Tinggi

Karena mereka dianggap sebagai investasi yang lebih aman, jenis saham ini dapat memiliki valuasi yang tinggi, yang berarti harga saham jenis ini menjadi mahal dibandingkan dengan laba yang mereka hasilkan.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan