KPU Kota Bogor Mulai Sortir dan Lipat Surat Suara Pemilu 2024, 1.114 Masyarakat Dikerahkan

JABAR EKSPRES – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bogor memulai penyortiran dan pelipatan surat suara untuk Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 pada Senin, 8 Januari 2024.

Rangkaian proses sortir dan lipat tersebut berlangsung di dua lokasi Gudang Logistik Pemilu KPU Kota Bogor yang berlokasi di Gedung Organisasi Wanita (GOW), Jalan Jenderal Sudirman, Kecamatan Bogor Tengah dan di Ruko, Jalan Sholeh Iskandar (Sholis), Kecamatan Tanah Sareal.

Ketua KPU Kota Bogor, M. Habibi Zaenal Arifin mengatakan, tahap pertama pelaksanaan sortir dan lipat surat suara pihaknya memulai dari tingkatan DPR RI Daerah Pemilihan (Dapil) Jawa Barat 3 atau Kota Bogor dan Kabupaten Cianjur dengan jumlah 817.283 lembar surat suara.

Dalam pelaksanaan ini, pihaknya mengerahkan 1.114 petugas yang dipilih dari masyarakat melalui proses seleksi, dengan ketentuan bahwa mereka tidak terafiliasi dengan partai politik manapun.

BACA JUGA: Pasca Longsor, Perbaikan Stasiun Maseng Perlu 3 Bulan

“KPU Kota Bogor melibatkan elemen masyarakat yang mana berjumlah 1.114 warga masyarakat yang memang kami screening terlebih dahulu, bahwa mereka harus steril dan harus netral tidak terafiliasi dengan partai politik manapun,” kata Habibi saat ditemui di Gudang Logistik GOW pada Senin, 8 Januari 2024.

Proses penyortiran dan pelipatan surat suara ini dibagi menjadi dua shift setiap harinya. Shift pertama dari pukul 08.00 sampai 14.00 WIB. Selanjutnya atau shift dua dimulai pukul 15.00 sampai 21.00 WIB.

Proses ini dijadwalkan berlangsung selama 8 hari untuk memastikan kelancaran dan akurasi dalam sortir dan lipatan surat suara.

“Kami per hari itu dibagi dua shift dan ditargetkan dalam delapan hari kegiatan sorlip ini selesai,” sebutnya.

Ia menambahkan, bila ditemukan adanya surat suara yang rusak, KPU Kota Bogor akan segera melakukan koordinasi dengan KPU Provinsi Jawa Barat.

“Jika ditemukan surat suara yang rusak, akan kami sortir untuk disimpan. Kemudian jika memang ada kekurangan, kami akan berkoordinasi dengan pihak terkait terlebih dengan KPU Jawa Barat,” tukas Habibi. (YUD)

BACA JUGA: UNIK! PKS Kota Banjar Pakai Jeruk untuk Kampanye Menangkan AMIN

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan