Jalan Tol Serpong-Cinere Seksi Ruas 2 Diresmikan, Persingkat Perjalanan Warga Jabodetabek

JABAR EKSPRES – Jalan Tol Serpong-Cinere (Pamulang-Cinere-Raya Bogor) diresmikan oleh Presiden Indonesia, Joko Widodo pada Senin, 8 Januari 2024. Peresmian tersebut dilaksanakan di Gerbang Tol (GT) Limo Utama Jalan Tol Cinere-Jagorawi.

Nantinya, akan ada dua badan usaha yang mengoperasikan jalan Tol Pamulang-Cinere-Raya Bogor, yakni Badan Usaha Jalan Tol yaitu PT Cinere Serpong Jaya (CSJ), anak usaha dari PT Jasa Marga (Persero) Tbk, yang mengoperasikan Jalan Tol Serpong-Cinere, dan PT Trans Lingkar Kita Jaya (TLKJ) yang mengoperasikan Jalan Tol Cinere-Jagorawi.

Dalam peresmian tersebut, Presiden Indonesia juga ditemani oleh beberapa menteri seperti Menteri PUPR, Mendag, Menhub, dan Menteri ATR/BPN. Lalu, ada Kapolri, Panglima TNI, Pj Gubernur Jabar, dan Anggota Komisi V DPR RI serta pengurus Jasa Marga yang turut serta di acara tersebut.

BACA JUGA: Ketika Kebijakan Dishub Kota Banjar Cekik Juru Parkir

Presiden Jokowi mengungkapkan, dirinya begitu bersyukur dengan beresnya jalan tol yang turut melengkapi struktur jaringan jalan di Jabodetabek tersebut. Tol yang merupakan bagian dari Tol JORR 2 ini melengkapi Jalan Tol Lingkar Dalam dan Jalan Tol Jakarta Outer Ring Road (JORR) 1.

Dengan begitu, masyarakat yang khususnya tinggal di Cibubur, Bogor, Tangerang, dan sekitarnya kini tidak perlu lagi mengakses jalan dalam kota untuk menuju Bandara Soekarno-Hatta.

“Ini akan memperlancar mobilitas orang, barang dan logistik yang diharapkan juga mengurangi kemacetan, sehingga masyarakat memiliki alternatif, pilihan yang lebih lancar,” ucap Presiden Indonesia, Joko Widodo.

Sementara itu, Subakti Syukur selaku Direktur Utama Jasa Marga mengatakan, dengan diresmikannya Jalan Tol Serpong-Cinere Seksi 2 Pamulang-Cinere ini, diharapkan dapat menjadi alternatif masyarakat yang ingin menuju ke wilayah Cinere, Pamulang, Serpong, dan sekitarnya.

BACA JUGA: 5 Rest Area Estetik Yang Patut Kamu Singgahi Saat Mudik

Selain itu, jalan tol ini juga diharapkan dapat memecah lalu lintas dari dan menuju Bogor maupun Bandara Soekarno-Hatta dengan waktu yang relatif lebih singkat.

“Pengguna jalan dari wilayah Bogor, Ciawi dan sekitarnya (Jalan Tol Jagorawi) serta dari wilayah Jakarta Selatan dan Depok (Jalan Tol Desari) juga dapat dengan mudah dan cepat mengakses wilayah Serpong, Kunciran hingga Bandara Soekarno-Hatta melalui Jalan Tol JORR 2,” jelas Subakti Syukur.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan