Hujan Deras Melanda Kalibunder Sukabumi, Sebabkan Tanah Longsor dan Akses Jalan Terputus

Jabar Ekspres – Hujan deras  yang melanda Kampung Neglasari RT022/RW033, Desa Kalibunder, Kecamatan Kalibunder, Kabupaten Sukabumi, hal itu menyebabkan bencana longsor sekitar pukul 15.00 WIB pada Minggu, (7/1).

Petugas Pusdalops (Pusat Pengendalian Operasi) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sukabumi Sandra Fitria, dalam keterangannya menyampaikan bahwa kejadian tersebut dipicu oleh sungai irigasi yang meluap dan menyebabkan longsoran tersebut.

BACA JUGA: Diduga Banyak Kiriman dari Luar, Sampah di Pasar Cisaat Sukabumi Menggunung

“Hujan deras yang cukup lama mengakibatkan luapan irigasi meluap yang menutupi jalan mengakibat jalan desa di kampung Neglasari longsor berat,” ujar Sandra dalam keterangan yang dikutip Jabar Ekspres Senin (8/1/2024).

Masih kata Sandra, dampak longsor dari jalan desa di kampung Neglasari tersebut mengakibatkan saluran irigasi terputus hingga lumpuhnya akses jalan untuk kendaraan roda empat.

“Akses jalan Desa utama terputus, (dan) saluran Irigasi terputus. Saat ini baru bisa dilalui oleh kendaraan roda dua,” imbuhnya.

Beruntungnya, dari kejadian tanah longsor tersebut tidak ada korban jiwa maupun kerugian materiil yang dialami oleh warga. Atau keperluan mendesak lainnya.

BACA JUGA: Rumah Lansia di Sukabumi Ambruk Akibat Gempa 5,9 Magnitudo di Banten

Hanya saat ini kebutuhan yang diperlukan berupa Bronjong untuk menjadi pembatas atau menahan di area bibir longsor agar menjadi sekat.

“Saat ini P2BK Kecamatan Kalibunder sudah berkoordinasi dengan pemdes Kalibunder, Tagana, Kasi trantibum, Babinsa, Babinkatimbas dan melakukan asessment ke lokasi kejadian,” tutupnya. (Mg9).

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan