BPBD: 1.011 Bencana Alam Terjadi di Kota Bogor Sepanjang 2023

JABAR EKSPRES – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Bogor mencatat sebanyak 1.011 bencana alam melanda Kota Bogor sepanjang tahun 2023.

Kepala Pelaksana BPBD Kota Bogor, Hidayatulloh menyebut, dalam catatan itu bencana yang paling dominan adalah pohon tumbang dan bangunan roboh.

“Kejadian bencana alam selama tahun 2023 didominasi oleh pohon tumbang, serta bangunan roboh akibat hujan deras, ada juga tanah longsor” katanya dikutip Sabtu, 6 Januari 2024.

Dari total 1.011 peristiwa yang terjadi, sebanyak 271 di antaranya adalah tanah longsor, 44 banjir, 100 kejadian angin kencang, 246 pohon tumbang, dan 222 bangunan roboh.

Selain itu, terdapat juga enam orang yang dilaporkan hanyut, 36 kejadian bencana kebakaran, 33 tanah amblas, dan 53 kejadian penyelamatan hewan.

Hidayatulloh menyampaikan bahwa sebanyak 13.230 jiwa dan 4.068 KK terdampak oleh bencana pada tahun 2023, yang mengakibatkan 466 rumah rusak berat dan 108 rumah rusak ringan.

Selama tahun 2023, terdapat pula bencana yang merenggut korban jiwa. BPBD mencatat bahwa ada 13 orang yang meninggal dunia akibat bencana yang terjadi di Kota Bogor.

“Sebanyak 28 orang mengalami luka sedang dan 14 orang mengalami luka berat, sebagian besar disebabkan oleh bangunan yang roboh,” jelasnya.

Sebagai langkah antisipasi kedepan, Hidayatulloh meminta agar dinas terkait melakukan evaluasi dan pendataan terhadap pohon yang ada di Kota Bogor.

“Saya sudah berkoordinasi dengan bidang pertamanan agar melakukan pengecekan ulang terhadap pohon-pohon yang memang sudah membahayakan, termasuk dalam memaksimalkan KTP pohon,” tuturnya.

Selain itu, dari segi konstruksi bangunan, pihaknya juga berharap agar dinas terkait meningkatkan pengawasan pada saat program Bantuan Sosial Tidak Terencana (BSTT) maupun Rumah Tidak Layak Huni (RTLH).

“Pengurus wilayah dan aparat wilayah harus mengantisipasi dan memeriksa konstruksi rumah warga, serta meningkatkan pengawasan pada saat pembangunan,” tegas Hidayatulloh.

Dalam menghadapi bencana alam yang semakin sering terjadi, peran BPBD Kota Bogor sangat penting dalam melakukan mitigasi dan penanggulangan bencana.

Selain itu, kolaborasi dengan dinas terkait dan partisipasi aktif masyarakat juga menjadi kunci dalam mengurangi dampak dari bencana alam tersebut.

Diketahui, tahun 2023 menjadi catatan terbanyak jika dibandingkan tiga tahun terakhir sejak 2021.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan