11 Ambulans Bantu Proses Evakuasi Korban Kecelakaan Kereta di Cicalengka

JABAR EKSPRES – 11 ambulans diterjunkan Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Barat (Dinkes Jabar) untuk membantu proses evakuasi kepada para korban yang terlibat kecelakaan dua kereta api yakni, KA Turangga dan KA Commuter 350 di km 181+5/4 Cicalengka, Kabupaten Bandung, pada Jum’at (5/1) pagi tadi pagi.

Berdasarkan informasi yang didapat, dalam peristiwa tersebut terdapat 28 korban luka dan 1 orang dinyatakan meninggal dunia di tempat.

“Jadi dari pagi tadi kita sudah mengkoordinasikan untuk evakuasi (korban) diantaranya kita menyiapkan 11 ambulans mulai dari rumah sakit, puskemas, dan PMI untuk membantu evakuasi korban yang perlu dirawat,” ucap Kepala Dinkes Jabar, Vini Adiani Dewi, saat dikonfirmasi oleh Jabar Ekspres, Jum’at (5/1).

Vini menambahkan, saat ini puluhan korban tersebut telah dilarikan ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Cicalengka, untuk diberikan perawatan lebih lanjut. “Termasuk korban yang meninggal juga 1 orang. Itu sementara dibawa ke RSUD Cicalengka,” katanya

Selain Itu Vini menuturkan, pihaknya juga telah bekerja sama dengan berbagai pihak seperti Jasa Raharja untuk membantu para korban dalam pemberian tindakan medis.

“Jadi kita melakukan identifikasi (korban), dan kita juga bekerjasama dengan berbagai pihak seperti Jasa Raharja untuk membantu para korban terutama dalam memberikan tindakan medis,” pungkasnya

Sebelumnya, Penjabat (PJ) Gubernur Jawa Barat Bey Machmudin mengatakan saat ini jumlah korban luka-luka akibat kecelakaan dua kereta api yakni KA Turangga dan KA Commuter 350 di km 181+5/4 Cicalengka, Kabupaten Bandung, pada Jum’at (5/1) pagi tadi pagi, mencapai 29 orang dan berada di beberapa rumah sakit.

“24 korban luka ada di RSUD, 2 Di Puskesmas Cicalengka, dan 2 di RS KK, 1 korban jiwa di RS,” ujar Bey saat ditemui di lokasi, Jumat (5/1/2024).

Bey menjelaskan, saat ini pihaknya terus melakukan evakuasi dan telah menyiapkan 6 rumah sakit untuk para penumpang yang menjadi korban dalam kejadian ini.

“Kami menyiapkan 6 rumah sakit, RSUD Cicalengka, Puskesmas Cicalengka, Puskesmas Rancaekek, RS AMC, RS Harapan Keluarga, dan RSKK,” imbuhnya

(San).

Writer: Sandi Nugraha

Tinggalkan Balasan