Sering Digunakan pada Perusahaan, Ketahui Keuntungan dan Risiko Jenis Saham Dividen

JABAR EKSPRES – Saham dividen merupakan jenis saham dari perusahaan yang secara rutin membagikan dividen kepada para pemegang saham. Dividen sendiri memiliki arti sebagai bagian dari laba perusahaan yang dibagikan kepada pemegang saham sebagai imbalan atas kepemilikan saham mereka.

Saham dividen sering digunakan sebagai pilihan bagi investor untuk mencari pendapatan pasif yang stabil, terutama bagi investor yang lebih tertarik pada penghasilan saat ini daripada pertumbuhan modal yang besar. Seperti investasi lain, saham jenis ini juga memiliki risiko dan penting bagi investor untuk melakukan penelitian yang tepat sebelum membuat keputusan investasi.

Berikut ini beberapa penjelasan mengenai jenis saham dividen mulai dari keuntungan dan risikonya:

Keuntungan Saham Dividen

  • Pengembalian Investasi yang Konsisten

Perusahaan yang secara teratur membayar dividen biasanya menunjukkan kesehatan keuangan dan kestabilan dalam operasinya. Hal ini menarik bagi investor yang mencari investasi dengan pengembalian yang konsisten.

BACA JUGA: Ketahui Cara Mengatur Keuangan Untuk Mencapai Finansial Stabil!

  • Pendapatan Pasif yang Stabil

Saham dividen menghasilkan sumber pendapatan pasif pada para investor melalui pembayaran dividen secara berkala. jenis saham ini dapat menjadi sumber pendapatan yang stabil bagi investor yang mengandalkan dividen sebagai sumber penghasilan.

  • Perlindungan terhadap Volatilitas Pasar

Saham dividen cenderung memiliki tingkat volatilitas yang lebih rendah daripada saham growth atau saham lain yang tidak membayar dividen secara teratur. Pembayaran dividen dapat memberikan perlindungan terhadap fluktuasi harga saham yang besar.

  • Reinvestasi Dividen

Dividen yang diterima bisa direinvestasikan untuk membeli lebih banyak saham, sehingga dapat meningkatkan jumlah saham yang dimiliki dan potensi pendapatan dividen di masa depan.

Risiko Saham Dividen

  • Ketergantungan pada Kinerja Perusahaan

Jenis saham ini memiliki ketergantungan dengan kesehatan keuangan perusahaan. Jika kinerja perusahaan menurun, dividen yang dibayarkan juga dapat terpengaruh.

BACA JUGA: Saldo DANA Gratis Sampai Rp 300.000 Langsung Cair Sekarang!

  • Keterbatasan Pertumbuhan Modal

Saham dividen mungkin tidak menawarkan potensi pertumbuhan modal dengan nilai yang besar jika dibandingkan dengan saham growth.

  • Tingkat Bunga yang Rendah

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan